Pasar Internasional dan Domestik Sama-Sama Potensial

320

SEMARANG – Adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada 2015 mendatang menjadikan pasar internasional menjadi target potensial bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Kendati demikian, pasar lokal juga tak kalah menarik untuk terus digarap.
“Sebagian pengusaha memang berorientasi ekspor, tapi beberapa juga ada yang lebih memilih untuk memperkuat pasar domestik,” ujar Pengurus Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Rio Rianto, kemarin.
Terkait hal ini, ia berharap pemerintah memberikan ruang bagi para pengusaha untuk menentukan arah pasar yang akan mereka masuki. Baik itu untuk memenuhi kebutuhan lokal maupun menembus ekspor. “Bagi yang memilih memperkuat pasar domestik tentunya perlu kita dukung. Sedangkan untuk pelaku usaha yang ingin berorientasi ekspor seharusnya Pemerintah memberikan pemahaman sedetil mungkin terkait MEA,“ ujarnya.
Menurut Rio yang juga menjadi pengurus Gabungan Perusahaan Ekspor Impor (GPEI) Jateng tersebut, Pemerintah harus tetap memberikan pemahaman kepada semua pelaku usaha terkait dampak dari MEA terhadap produk mereka. “Kalau perlu head to head dari produk lokal dan internasional, karena bagi pelaku usaha yang hanya peduli terhadap pasar lokal belum tentu MEA tidak berdampak sama sekali terhadap keberlangsungan usaha mereka, gempuran produk asing tidak bisa dihindari,” ujarnya. (dna/smu)