Pemkab Pastikan Punya Kampus Negeri

327

Kemendikbud Setujui Pendirian AKN

KAJEN-Pendirian Akademi Komunitas Negeri (AKN) Pekalongan, akhirnya mendapatkan persetujuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Perseujuan itu ditegaskan di dalam surat pengumuman Hasil Seleksi Pendirian Calon Akademi Tahun 2014 dengan nomor 4807/E.E2.1/KL/2014, tertanggal 26 Juni 2014.
Menurut Kepala Bagian Humas, Sekda Pemkab Pekalongan, Anis Rosidi dari 47 kabupaten/kota yang mengajukan proposal untuk mendirikan AKN, hanya 18 kabupaten/kota yang disetujui Kemendikbud, termasuk Kabupaten Pekalongan. “Dengan persetujuan ini, mulai tahun 2014 Kabupaten Pekalongan memiliki perguruan tinggi negeri pertama. Dan akan mulai menerima mahasiswa baru,” katanya Senin (30/6) siang kemarin.
Dijelaskan, dalam waktu satu dua hari ini, Bupati Amat Antono akan segera membentuk struktur pengelolaan AKN . Termasuk menunjuk tenaga pendidikannya dan membahas kurikulumnya juga. Sedangkan gedung yang akan digunakan, telah tersedia di Desa Kebonagung, Kajen, bekas gedung DPU.
“Intinya, Pemkab Pekalongan siap mengelola AKN Pekalongan dan menerima mahasiswa baru pada 2014 ini. Tenaga pendidikan, sarana dan prasarananya telah disiapkan. Bahkan, sudah ada pendampingan dari ITB dan Undip,” tuturnya.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pekalongan, Amat Antono, mengaku gembira. Pasalnya, keberadaan AKN di Kabupaten Pekalongan, akan mempercepat pembangunan di Kajen. “Akan membawa dampak positif dan memicu pergerakan roda ekonomi masyarakat lebih positif,” tutur Bupati Antono.
Sementara itu, Pariyah, 47, warga Desa Kebonagung, Kecamatan Kajen, sangat apresiatif dan terharu begitu mendengar AKN Pekalongan akan didirikan di Desa Kebonagung yang tak jauh dari rumahnya. “Warung makan saya, tidak akan sepi lagi. Selain itu, kamar kosnya akan jadi penuh,” harapnya. (thd/ida)