Pencuri Besi Reklame Diringkus

266

UNGARAN – Pencuri spesialis besi konstruksi reklame atau banner, Sugiyarto, 31, warga Sedompyong RT 6 RW 9, Kelurahan Kemijen, Kecamatan Semarang Timur diringkus aparat Satreskrim Polsekta Ungaran. Tersangka diringkus di lokasi jual beli besi tua di kawasan Lemah Abang, Kecamatan Bergas. Polisi juga menyita barang bukti sepeda motor Yamaha Mio bernopol H 1691 RW, satu linggis, catut, serta gergaji besi dan 5 tiang besi panjang 6 meter hasil curian. Selain itu, polisi juga mengamankan sebuah mobil Mitsubishi pikap H 1691 QL yang disewa tersangka untuk mengangkut tiang besi banner curian.
Wakapolres Semarang Kompol Erwin H. Dinata didampingi Kapolsekta Ungaran Kompol Sulistyo mengatakan, penangkapan tersangka berawal dari laporan masyarakat. Pelapor Mahmudi, 40, warga Sembungharjo, Kecamatan Genuk, Semarang, melihat ada rangka besi untuk banner atau reklame diangkut mobil tidak dikenal. Mahmudi melihat ketika berangkat kerja bersama dua temannya, Sulistyono dan Eko Wahyudi, untuk servis dan bongkar reklame. Sampai di Ungaran sekitar pukul 09.30, mereka melihat mobil pikap H 1691 QL mengangkut tiang besi reklame.
Mahmudi dan teman-temannya curiga, sebab besi yang diangkut tersebut sama dengan milik perusahaan tempat dia bekerja. Ketiganya lantas mengikuti pikap pengangkut besi tersebut hingga di dekat Pasar Karangjati. Setelah terkejar, Mahmudi menanyakan kepada pengemudi pikap bernama Sayik tentang kepemilikan besi yang diangkutnya. Sopir pikap mengatakan besi itu milik orang di belakang mobil yang dikendarainya. Saat itu juga mobil diminta berhenti, dan langsung diamankan ke Polsek Bergas.
Anggota Polsek Bergas bekerjasama dengan Polsekta Ungaran kemudian melakukan penangkapan terhadap Sugiyarto yang sudah menunggu di lokasi jual beli besi tua atau rosok di kawasan Lemah Abang. Saat dibekuk Sugiyarto tidak bisa berkelit lagi. Selanjutnya dia digelandang ke Mapolsek guna menjalani proses hukum.
“Tersangka akan dikenai pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Kita juga masih akan mendalami penyelidikan,” tutur Kompol Erwin, Senin (30/6) kemarin.
Tersangka mengaku melakukan pencurian seorang diri di Jalan Diponegoro Ungaran, tepatnya di depan Perumahan PLN Kelurahan Langensari, Kecamatan Ungaran Barat sekitar pukul 09.30. (tyo/aro)