Relawan Jokowi Bersihkan Makam Pahlawan

303

LEMPONGSARI – Sejumlah relawan Jokowi–Jusuf Kalla Jateng melakukan aksi bersih-bersih dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Giri Tunggal dan makam Bergota, Semarang, belum lama ini. Aksi tersebut digelar untuk mengajak para relawan meneladani jasa para pahlawan.
Aksi dimulai di TMP Giri Tunggal Semarang. Dengan membawa sapu, para relawan ini membersihkan areal makam. Setelah itu, mereka melakukan tabur bunga di sejumlah pusara para pahlawan, termasuk di makam pahlawan nasional MGR Soegijapranata. Usai di TMP Giri Tunggal, aksi serupa dilakukan di makam Bergota.
Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi–JK Dapil I Jateng Setyo Maharso mengatakan, para relawan yang terlibat dalam kegiatan tersebut di antaranya dari Kawan Jokowi, PDI Perjuangan, dan Partai Nasdem. Menurutnya aksi tersebut digelar untuk menghargai jasa para pahlawan. Juga berkaitan dengan tradisi bersih-bersih makam di Jawa saat memasuki bulan suci Ramadan. ”Dengan kegiatan ini harapannya ingin memberikan semangat kepada rekan-rekan relawan bahwa tanpa para pahlawan yang dimakamkan di sini, kita tidak bisa seperti sekarang,” katanya.
Dia menambahkan para generasi muda harus mengerti betul bahwa kemerdekaan tidak diraih dengan gampang. ”Sehingga di era globalisasi saat ini mereka memiliki semangat untuk mempertahankannya. Sebab mempertahankan kemerdekaan lebih sulit daripada meraihnya,” paparnya.
Untuk upaya pemenangan Jokowi–JK sendiri, para relawan akan menggelar road show Safari Ramadan di Kabupaten/Kota di Jateng. Kegiatan yang digelar di antaranya membagi-bagikan takjil ke kaum duafa.
Sementara itu, di Posko Relwan Jokowi-JK Jalan Pamularsih, kemarin berlangsung konser musik Voice of Revolution Garda Jateng. Kegiatan ini ditujukan untuk mengajak pemilih muda menyalurkan suaranya saat pilpres nanti. Salah satu pengisi acara adalah kelompok musik hip hop nasional Jogja Hip Hop Foundation.
Pantia acara yang juga Wakil Bendahara DPP PDIP Juliari Batubara mengatakan kegiatan ini ditujukan untuk kawula muda. ”Jadi mereka diberi wadah untuk mengisi acara tersebut. Dan diharapkan mereka tahu dan mengerti tentang capres-cawapres yang akan dicoblos,” katanya. (ric/hid/ton/ce1)