Curi Kosmetik, Babak Belur

323

GAYAMSARI – Agus Supriyanto, 20, warga Genuk babak belur menjadi bulan-bulanan warga di Jalan Gajah, Gayamsari, Senin (30/6) malam. Pemuda pengangguran ini tertangkap tangan mencuri puluhan kosmetik di minimarket Alfamart Jalan Gajah, persis depan kawasan Masjid Agung Jawa Tengah. Beruntung dengan cepat petugas Polsek Gayamsari datang dan meredam emosi warga. Meski sudah babak belur, nyawa Agus bisa terselamatkan.
Pencurian ini diketahui penjaga Alfamart karena gerak-gerik pelaku yang mencurigakan. Dengan membawa tas besar, pelaku masuk ke dalam minimarket bak pembeli pada umumnya. Sedangkan seorang rekannya menunggu di atas motor.
Saat karyawan lengah, dengan cekatan Agus memasukkan berbagai kosmetik ke dalam tas. Nahas, aksinya dipergoki karyawan yang sudah mengamati dari closed camera television (CCTV). ”Terlihat di kamera, pelaku memasukkan barang ke dalam tas yang dibawanya,” kata seorang karyawan Muhammad Aldi, 20.
Mengetahui aksinya tepergoki, Agus berlari kabur. Karyawan minimarket yang bertugas langsung meneriaki maling sembari mengejar pelaku. Sedangkan rekan Agus sudah kabur menggunakan motor. ”Diteriaki maling, pelaku kabur dan dikejar warga,” tambahnya.
Sempat terjadi kejar-kejaran, hingga akhirnya Agus berhasil ditangkap. Pelaku tidak berkutik ketika terjebak di Gang Tambak Boyo, Gayamsari.
Buk! Buk! Pukulan demi pukulan langsung bersarang di tubuh Agus. Warga terus berdatangan dan melampiaskan emosinya. Agus yang seorang diri akhirnya hanya bisa meminta ampun.
Beruntung, dengan cepat petugas Polsek Gayamsari datang ke lokasi. Saat diamankan, sejumlah warga terus memukulinya. ”Saya baru sekali Pak mencuri. Rencananya mau saya jual barangnya,” aku Agus dengan merintih kesakitan.
Petugas menemukan belasan botol kosmetik hasil curian dari tas yang dibawanya. Saat ini petugas Polsek Gayamsari masih memburu pelaku lain. Agus akan dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara. (fth/ton/ce1)