DPK Temanggung 607 Pemilih

266

TEMANGGUNG–Sebanyak 607 pemilih di Kabupaten Temanggung masuk dalam daftar pemilih khusus (DPK). Mereka tidak terdaftar pada daftar pemilih tetap Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014.
Komisioner KPU Kabupaten Temanggung, Agus Istanto mengatakan warga yang terdaftar tersebut di DPK tersebut merupakan hasil penyisiran yang dilakukan panitia pemungutan suara di tingkat desa.
Berdasarkan hasil rekapitulasi, Kecamatan Kandangan paling banyak warganya masuk DPK sebanyak 114 orang, disusul  Kecamatan Temanggung (91), Tembarak (70), Ngadirejo (68) dan Parakan (66).
Ia mengatakan, di Kecamatan Gemawang tidak ada yang masuk DPK. Untuk Kecamatan Bejen (2), Wonoboyo, Kledung dan Bansari masing-masing tujuh orang. Agus mengatakan yang perlu disosialisasikan adalah semua warga negara yang mempunyai hak pilih diberi kesempatan untuk menggunakan hak suaranya.
Ia menuturkan, warga yang belum terdaftar tetap bisa menyalurkan hak politik dengan menunjukkan surat idetitas yang berlaku seperti KTP, SIM, atau paspor pada petugas penyelenggara pemilu pada hari H pencoblosan.
“Mereka diberi kesempatan mencoblos pada siang hari atau setelah warga yang terdaftar mencoblos,” katanya. Ia mengatakan, DPT di Kabupaten Temanggung sebanyak 579.458 pemilih, terdiri atas 289.537 laki-laki dan 289.921 perempuan. Mereka terdaftar di 1.801 tempat pemungutan suara yang tersebar di 289 desa dan kelurahan. (zah/lis)