DPRD Desak Perbaikan Jalan Sebelum Mudik

285

TEMANGGUNG–Memasuki Ramadan, DPRD Temanggung mendesak Pemkab untuk melakukan perbaikan jalan yang akan dilalui oleh arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.
Anggaran yang sudah disediakan harus dioptimalkan untuk penyediaan jalur yang mengalami kerusakan agar para pemudik dapat nyaman melintasi wilayah penghasil tembakau ini.
“Jalan-jalan yang milik kabupaten harus dilakukan perbaikan, khususnya untuk jalur yang dilewati pemudik,” kata anggota Fraksi Partai Demokrat, Muh. Taryono.
Ia mengatakan, jalur yang dilewati pemudik sebagian besar merupakan jalur milik negara dan jalur yang di bawah wewenang Bina Marga Provinsi Jawa Tengah. Namun pada sejumlah titik, jalur tersebut di bawah tanggungan Pemkab Temanggung. “Untuk yang milik kita sendiri yang harus diprioritaskan,” katanya.
Ia mengatakan, untuk perbaikan jalur, sebaiknya dilakukan pada awal Ramadan, sehingga pada menjelang arus mudik telah siap dilewati. Perbaikan juga diharapkan dilakukan pada jalan milik Bina Marga Jawa Tengah dan jalur negara yang mengalami kerusakan kecil dan dengan koordinasi pihak terkait. “Misalnya jalan dalam kota,” terangnya.
Pihaknya mendesak agar pemkab proaktif dalam melakukan pemetaan wilayah dan pemetaan jalur mudik sehingga seluruh jalur utama dan jalur alternatif dapat siap untuk dilewati pemudik. Kendati hanya menjadi jalur lintasan, namun keberadaan jalur yang ada di wilayah Temanggung merupakan jalur vital.
Selain jalur, pihaknya juga mendesak agar Pemkab Temanggung untuk memasang rambu-rambu lalu lintas pada titik-titik rawan. Rambu tersebut dibutuhkan sebagai penunjuk dan kewaspadaan para pemudik mengingat sebagian besar jalur di Kabupaten Temanggung merupakan jalur berbahaya yang rawan kecelakaan lalu lintas.
Lampu penerang jalan umum (PJU) juga harus menjadi fokus pemkab untuk perbaikan. Kecelakaan lalu lintas juga banyak terjadi karena penerangan yang minim. Untuk itu, perbaikan lampu jalan raya harus dilakukan dengan fokus pada jalur tengkorak.
Bupati Temanggung, Bambang Sukarno, berjanji akan melakukan perbaikan-perbaikan sebagaimana yang direkomendasikan tersebut. Selain menyiapkan jalur mudik, pihaknya juga akan berkonsentrasi untuk pengamanan selama pemudik melewati wilayah ini. “Kita akan koordinasikan dengan SKPD terkait dan seluruh elemen vertikal yang ada seperti kepolisian dan sebagainya,” tandasnya. (zah/lis)