KAI Tunggu Respons Pemkot

314

Adendum Kerja Sama Sewa Lahan Banger

BALAI KOTA – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 4 Semarang selaku pemilik lahan yang akan digunakan sebagai kolam retensi sistem Banger, berharap Pemkot Semarang segera menggelar adendum kontrak kerja sama. Sebab, semua data yang menyangkut aset sudah lengkap, mulai dari luasan lahan hingga nilai sewa ideal.
”Saya sudah bertemu dengan Pak wali (Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi), intinya apa yang saya sampaikan, (Pemkot) setuju, memang harus ada biaya penertiban. Semua data sudah saya serahkan termasuk nilai rupiahnya,” terang Manajer Aset PT KAI Daop 4 Semarang, Eman Sulaiman, Selasa (1/7).
Disinggung nilai rupiah yang diajukan kepada pemkot, Eman enggan membeber. Meski begitu ia optimistis pemkot sepakat dengan nilai yang diajukan oleh PT KAI. ”Nilai rupiahnya tanya saja ke Pak wali, yang pasti sudah saya serahkan. Dan sepertinya sepakat. Sekarang kami tinggal menunggu jadwal adendum saja dari wali kota,” terangnya.
Menurut Eman, lebih cepat dilakukan adendum maka lebih baik. ”Kalau saya dipercepat lebih siap. Besok lusa pun siap. Tapi kalau saya, inginnya setelah Lebaran,” imbuh Eman.
PT KAI baru akan menggelar sosialisasi kepada 84 warga yang menempati aset lahan PT KAI di Kelurahan Kemijen. Selama ini sosialisasi baru dilakukan sekali saat pengukuran ulang beberapa waktu lalu. ”Sosialisasi pertama kami lakukan secara door to door. Tapi kalau sosialisasi resmi dengan mengumpulkan semua warga ke satu tempat belum kami lakukan,” tegasnya. ”Adendum clear maka kami akan langsung sosialisasi tahap dua kepada masyarakat pengguna lahan,” imbuhnya.
Disinggung mengenai nilai tali asih atau ganti rugi yang akan diberikan kepada warga, Eman belum bisa berkomentar. Namun ia menegaskan, berapa pun nilai tali asih yang akan diberikan, mau tidak mau warga harus menerimanya. ”Berapa pun nilai ganti ruginya warga harus sepakat. Karena itu lahan milik PT KAI,” tegasnya.
Terpisah, Sekda Kota Semarang Adi Tri Hananto menyatakan, setelah ada perhitungan dari PT KAI, pemkot akan mencoba untuk memenuhi semua kebutuhan guna terealisasinya proyek pengentasan banjir yang memiliki manfaat luas untuk masyarakat. ”Untuk kebutuhan yang bermanfaat bagi masyarakat luas kami akan coba penuhi. Kami akan segera menindaklanjuti data dari PT KAI tersebut,” ujarnya singkat. (zal/ton/ce1)