Konsentrasi Bahas KUA-PPAS

276

DEMAK-Menjelang masa akhir jabatan pada Agustus mendatang, DPRD Demak masih tetap berkonsentrasi membahas APBD Perubahan 2014 dan KUA-PPAS APBD murni 2015. Dijadwalkan, 11 Agustus penetapan ABPD Perubahan sebelum jabatan berakhir 13 Agustus nanti.
Demikian disampaikan Ketua DPRD Demak KH Mukhlasin di sela menerima kunjungan kerja (kunker) rombongan dewan dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan (Kalsel), kemarin siang. “Selain APBD Perubahan, kami juga tetap membahas KUA-PPAS APBD 2015. Karena itu, kami targetkan selesai semua,” ujarnya.
Untuk APBD Perubahan, kini telah dilaporkan ke gubernur untuk mendapatkan evaluasi. Namun, penetapan APBD Perubahan tetap molor karena waktu pembahasan sebelumnya juga sempat mengalami penundaan. Ini karena anggota dewan masih disibukkan dengan kegiatan menjelang pemilihan presiden (Pilpres).
Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, ketua rombongan dewan dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Taufikurrahman mengatakan bahwa pihaknya sengaja studi banding tentang kegiatan DPRD Demak menjelang masa akhir jabatan tersebut. “Kami ingin tahu apakah disini (Demak) telah membahas APBD Perubahan 2014 dan APBD 2015 atau tidak,” katanya.
Ini diperlukan untuk bekal pembahasan kegiatan dewan sebelum purna tugas. Taufikurrahman menambahkan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah hingga kini hanya memiliki penduduk 260 ribu jiwa. Karena itu, kata dia, daerah yang masih banyak wilayah hutannya tersebut masih membutuhkan kehadiran para transmigran dari Jawa. “Daerah kami satu-satunya kabupaten di Provinsi Kalsel yang tidak terjamah pertambangan,” jelasnya.
Menurutnya, Kalsel yang dikenal tambang batubaranya sampai sekarang masih menimbulkan ironi. Sebab, masih banyak penduduknya yang tergolong hidup miskin. “Yang kaya dari luar semua,” katanya. (hib/ida)