Larang Antar Keluarga Nyoblos

254

BATANG-Anggota polisi aktif, dilarang mengantar keluarganya ke TPS untuk melakukan coblosan pada 9 Juli mendatang. Hal itu untuk menjaga netralitas aparat keamanan.
“Soal netralitas polisi dan TNI, sudah sepakat untuk netral. Bahkan hal-hal yang detail sudah diantisipasi. Seperti jangan sampai kita mengantar keluarga untuk kampanye atau saat pencoblosan. Biar mereka datang sendiri, agar benar-benar netral di mata masyarakat,” kata Kapolres Batang AKBP Widi Atmoko saat merayakan HUT Bhayangkara ke-68, kemarin.
Pihaknya bersyukur, suasana Batang semakin aman dan nyaman, tidak ada kejadian yang menonjol. Namun pihaknya tetap akan mengantisipasi kemungkinan yang tidak baik.
“Suasana kondusif ini didukung pola dan cara kampanye model baru. Cukup dengan mengumpulkan kader di gedung atau menggelar kampayen damai dengan tema tertentu, jadi lebih kondusif,” ucapnya.
Kendati begitu, pihaknya setiap Jumat rutin melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang Pilpres damai. Bahkan, mendatangi partai politik (Parpol) untuk kampanye tertib.
“Jauh hari, kami sudah melakukan pendekatan kepada setiap parpol untuk lebih tertib dalam berkampanye. Sedangkan kepada masyarakat, beda pilihan, itu hak setiap warga. Tapi jangan sampai ada gesekan karena beda pendapat. Karena siapapun yang menjadi pemimpin, toh tetap akan memikirkan rakyatnya,” tuturnya.
Terkait dengan keamanan TPS, menurutnya, di kabupaten Batang tidak ada yang rawan. ”Paling tempat-tempat yang jauh dari pantuan saja yang perlu perhatian ekstra,” imbuhnya.
Sementara itu, melalui HUT Bhayangkara ke-68 tahun ini, pihaknya mengimbau masyarakat agar semakin percaya dengan Polri. ”Jika ada permasalahan, jangan main hakim sendiri. Kami siap mengamankan setiap masalah yang ada, agar tercipta suasana yang lebih kondusif,” terangnya.
Sedangkan dalam perayaan ulang tahun kemarin, dihadiri Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo, pejabat-pejabat serta elemen masyarakat dari ormas dan beberapa pihak swasta. Dalam kesempatan tersebut, beberapa dukuh yang menang lomba Siskamling mendapatkan hadiah. Juara 1 diraih Dukuh Bangunsari Desa Rejosari Timur Kecamatan Tersono, juara kedua Dukuh Klopogodo desa Candiareng Kecamatan Warungasem, dan juara ketiga Dukuh Gepor Kecamatan Limpung. (han/ida)