Semester Pertama, Serapan APBD Minim

305

TEMANGGUNG–Memasuki semester pertama tahun anggaran 2014, serapan APBD untuk program-program pemerintah masih minim. Sebagian besar anggaran yang tercantum pada APBD penetapan hingga kini belum direalisasikan. DPRD setempat mendesak agar pemkab lebih proaktif dalam menjalankan program kerja sehingga seluruh pekerjaan yang bersumber dari APBD dapat direalisasikan.
Anggota Fraksi PPP, DPRD Temanggung, Slamet Eko Wantoro mengatakan, penyerapan anggaran dinilai tidak terlalu tinggi pada semester pertama. Persentase serapan bahkan belum menyentuh angka 30 persen total pekerjaan yang dilaksanakan. “Kami melihat pada semester pertama progres realisasi anggaran masih minim,” katanya.
Ia mengatakan, serapan anggaran seharusnya dapat dikerjakan optimal pada semester pertama sehingga tidak menjadi beban di akhir tahun. Pengalaman tahun sebelumnya, hingga akhir tahun anggaran banyak program kerja yang tidak terealisasi. “Jadi porsinya harus dibagi sehingga seluruhnya bisa teralisasi,” tambahnya.
Ia mengatakan, untuk pemerataan pada tiap semester, paling tidak pada semester pertama Pemkab harus mampu merealisasikan hingga 30-40 persen. Sehingga pada semester kedua program dapat teralisasi lebih optimal dengan beban pekerjaan yang tidak terlalu berat. “Program fisik berbenturan dengan cuaca. Padahal, akhir tahun identik dengan musim hujan, hal seperti ini juga harus dipetakan,” katanya.
Bupati Temanggung, Bambang Sukarno mengakui bahwa realisasi anggaran pada semester kedua belum optimal. Penyerapan anggaran yang bersifat langsung maupun tidak langsung belum dapat dioptimalkan. Belanja tidak langsung seperti hibah dan bansos dan belanja langsung berupa barang dan jasa serta permodalan tidak dapat terserap sempurna pada semester pertama. “Terhadap penyerapan anggaran memang masih rendah,” katanya.
Ia mengatakan, untuk kepentingan tersebut, pihaknya pada semester dua akan mengoptimalkan pekerjaan sehingga seluruh pekerjaan dapat terealisasi dengan sempurna. “Di semester dua ini kami upayakan serapan anggaran tersebut, baik melalui proses percepatan pelelangan dan pelaksanaan kegiatan masing-masing dengan koordinasi yang kuat dengan seluruh SKPD,” tandasnya. (zah/lis)