Puasa Bisa Obati Stres

278

DEMAK- Puasa Ramadan menjadi momentum untuk menjalankan perintah Allah SWT. Bahkan, dengan berpuasa, seseorang bisa terhindar dari perasaan stress atau tekanan hidup yang berlebihan. Demikian disampaikan Bupati Dachirin Said di sela mengisi kultum di Masjid Darussalam, Jalan Kiai Jebat, Kota Demak, kemarin.
Menurutnya, dalam kondisi apapun dan dimanapun berada, harus selalu ingat pada Yang Maha Kuasa. “Niscaya hidup akan tenang,” ungkap bupati yang mengisi kegiatan bersama Wabup Harwanto, Dandim Letkol Ari Ariyanto, Kapolres AKBP Raden Setijo Nugroho, dan muspida lainnya tersebut. Menurutnya, Ramadan bulan penuh ampunan serta bisa menambah rasa tanggung jawab dalam beribadah.
“Jadi, menjalankan perintah Allah itu harus konsisten sehingga dapat keberkahan hidup. Disinilah kita bisa meraih keutamaan Ramadan,” katanya. Usai kultum dilakukan kajian tafsir Alquran yang diampu H Masrukin dan H Suali MS. Menurutnya, keutamaan Ramadan 10 hari pertama adalah rahmat. Kemudian, 10 hari kedua penuh ampunan, serta 10 hari terakhir menjadi bulan pelepasan dari siksa neraka.
Dalam kesempatan itu, Bupati Dachirin juga menambahkan, bahwa peran kaum ibu sangatlah penting dalam menanamkan bekal rohani bagi anak-anaknya. “Bekal anak-anak bukan semata jasmani saja. Namun, lebih dari itu adalah bagaimana menyiapkan generasi yang berakhlak mulia,”jelasnya. Humas Masjid Darussalam, Azam Lutfianto mengatakan, kultum diberikan pada para jamaah dengan harapan bisa menambah ketebalan iman pada Allah SWT. “Apalagi, dibulan suci Ramadan yang penuh rahmat ini,” katanya. (hib/RIC)