Salatiga Kekurangan Formulir C6

252

SALATIGA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Salatiga menemukan ratusan surat suara pilpres yang rusak. Surat suara tersebut untuk sementara masih disimpan.
Ketua KPU Salatiga, Putnawati, mengungkapkan, setelah pihaknya melakukan penyortiran dan pelipatan, ditemukan 125 lembar surat suara yang rusak dan tidak memenuhi syarat digunakan untuk pilpres. “Kami menemukan 125 surat suara pilpres yang diterima KPU Salatiga dalam kondisi rusak tidak memenuhi persyaratan,” tandas Putnwati kepada wartawan.
Surat suara yang rusak ini masih disimpan, karena sudah ada surat suara cadangan sebanyak 2 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT).
Selain itu, pilpres yang siap digelar 9 Juli 2014 mendatang, ternyata masih kekurangan formulir surat pemberitahuan kepada pemilih atau undangan (C6). Seperti yang dialami di TPS 16 Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo.
Ketua KPPS setempat, Amin Siahaan, menjelaskan, jumlah pemilih di TPS 16 Salatiga sebanyak 299 pemilih. Namun untuk formulir C6 hanya dikirimkan sebanyak 259 lembar. Sehingga masih kurang 40 lembar. Kekurangannya disarankan untuk diperbanyak (difotocopy) sendiri. “Tapi saya belum melakukannya, karena khawatir formulir C6 fotocopy tersebut tidak sah,” katanya.
Anggota KPU Kota Salatiga, Dayusman Junus, menyatakan, jika ada kekurangan Formulir C6, maka pihak KPPS dapat memfotocopynya sendiri. (sas/aro)