Elpiji 3 Kg Ditambah 50.781 Tabung

305

TEMANGGUNG—Tingginya konsumsi elpiji pada Ramadan membuat permintaan pasar terhadap produk bersubsidi ini mengalami peningkatan. Untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan, Pemkab Temanggung menambah kuota elpiji ukuran tiga kilogram sebanyak 12 persen. Tambahan kuota fakultatif elpiji di daerah penghasil tembakau ini sebanyak 50.781 tabung yang didistribusikan dalam beberapa tahap sebanyak 17.713 tabung per hari.
Anggota Tim Monitoring Tata Niaga Elpiji Kabupaten Temanggung, Arief Mujiono, mengatakan, tabung melon akan ditambah dengan kuota fakultatif sebanyak 50.781 tabung, sehingga jumlah total kuota tabung melon menjadi 478.240 tabung.
“Biasanya di awal Ramadan seperti ini, kebutuhan masyarakat semakin meningkat, jadi tambahan fakultatif ini sudah di distribusikan sejak awal puasa,” katanya.
Ia menyebutkan, jumlah tambahan kuota fakultatif tersebut  itu akan dibagikan secara bertahap, yakni di awal minggu pertama bulan Ramadan, sedangkan untuk mencukupi kebutuhan pada Lebaran nanti pasti ada lagi penambahan fakultatif lagi. “Setiap hari besar atau ketika ada peningkatan pengunaan tabung melon pasti akan kami mintakan tambahan fakultatif,”katanya.
Arief berharap, penambahan pasokan gas elpiji dengan kuota fakultatif ini mampu mengatasi kebutuhan tabung melon diawal Ramadan ini. Setidaknya sampai gas ke wilayahnya dipasok berdasarkan kuota tahun 2014, dimana Temanggung mendapat tambahan sembilan persen dari kuota tahun lalu.
Menyikapi tren peningkatan pengunaan gas pada awal Ramadan, kata Arief, pada Senin (3/7) pihaknya bersama SKP terkait akan melakukan rapat koordinasi serta melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SPBE, agen, dan pengecer. Sehingga bisa dipastikan pasokan tabung melon tidak mengalami kendala. “Untuk distribusi kuota harian selama ini lancar, tidak ada kendala yang berarti. Bahkan hingga pada awal Ramadan distribusi kuota harian dan fakultatif tambahan juga tidak ada masalah,”ujarnya.
Penambahan fakultatif ini tidak hanya di Kabupaten Temanggung saja, tetapi juga di Kabupaten Purworejo, Wonosobo, Kebumen, Magelang dan Kota Magelang dengan kuota sesuai kebutuhan masing-masing.
“Tidak hanya di Temanggung saja, di kota lainnya juga sama namun besaran kuota yang ditambahkan berbeda-beda. Untuk Purworejo 46.180 tabung, Kebumen 75.184, Kabupaten Magelang 76.680 tabung dan Kota Magelang 18.074 tabung,”tandasnya. (zah/lis)