Penjualan Emas Mulai Bergairah

284

SEMARANG – Momen lebaran ditunggu para pengusaha emas. Selain harga emas yang biasanya berangsur naik, seminggu jelang lebaran hingga H+4 omset penjualan juga diperkirakan terus bertambah.
Ketua Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) cabang Semarang Bambang Yuwono mengatakan, seminggu terakhir harga emas berangsur naik. Dari yang sebelumnya Rp 475 ribu per kilogram kini mencapai Rp 494 ribu per kilogram. “Seminggu terakhir ini harga emas mulai naik sekitar Rp 20 ribu per kilogramnya. Sebabnya nilai rupiah yang melemah, kemudian juga memang harga emas dunia naik. Jadi kita mengikuti,” ujarnya, kemarin (3/7).
Menurutnya, naik turun harga emas memang mengikuti dua unsur tersebut. Sedangkan naik turun omset mengikuti momen-momen tertentu. Salah satunya momen lebaran yang akan dijelang dalam waktu dekat ini. “Sekarang memang omset masih biasa. Tapi trennya penjualan akan meningkat seminggu sebelum hari H hingga H+4. Sebelum mudik biasanya banyak yang beli perhiasan, jenisnya beragam, mulai dari cincin sampai kalung,”ujarnya.
Jelang lebaran tersebut omset diperkirakan bisa naik antara 20-25 persen. Peningkatan omset dengan kisaran tersebut, menurutnya terbilang cukup baik mengingat banyaknya jumlah anggota Apepi di Semarang. (dna/smu)