Permintaan Formulir A5 Tinggi

288

MAGELANG – Sosialisasi penggunaan formulir A5 yang gencar dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang, membuahkan hasil. Terbukti dengan banyaknya permintaan baik dari warga luar kota yang bekerja dan menetap di Magelang. Ada pula mahasiswa yang tak bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan domisili yang di kartu tanda penduduk ( KTP) yang dimiliki. Ditutupnya kesempatan untuk meminta A5 tanggal 29 Juni kemarin, tercatat 383 masyarakat yang antusias meminta A5 (keterangan pindah memilih).
Anggota KPU Divisi Sosialisasi Singgih Hardjanto mengakui membeludaknya permintaan A5 tak lepas dari gencarnya sosialisasi yang dilakukannya dalam menghadapi pemilihan presiden (pilpres) 9 Juli mendatang.
“Itu tandanya, masyarakat sudah aktif dan mau berpartisipasi dengan baik untuk menggunakan hak pilih mereka dengan baik,” katanya.
Sosialisasi yang dilakukan di antaranya melalui iklan radio, baner, famlet, spanduk dan sosialisasi di acara-acara organisasi. Hal itu dilakukan mulai tanggal 10 Juni kemarin. “Tujuannya agar mengena ke seluruh lapisan masyarakat,” terangnya.
Sementara itu anggota KPU Kota Magelang Divisi Logistik Nuke Ardinia mengatakan, sejak 19 Juni lalu pihaknya menerima logistik pilpres dari pusat. Total ada 95.233 surat suara dari 93.366 daftar pemilih tetap (DPT) se-Kota Magelang, kebutuhan logistik pilpres untuk Kota Magelang akan didistribusikan ke setiap tempat pemungutan suara (TPS) pada hari Senin (7/7) mendatang atau H-3 pemilihan dalam waktu satu hari.
“Logistik itu berupa kotak suara sejumlah 474 buah untuk 237 TPS dan dilengkapi 4 buah bilik untuk masing-masing TPS, termasuk surat suara 93.366 ditambah 20 persen totalnya 95.233 surat suara. Distribusi akan dikawal tim pengamanan dari Polres Magelang Kota agar kondisi tetap aman sampai tujuan,” tegasnya. (mg4/lis)