ATM Dibobol, Tabungan Dikuras

273

BARUSARI – Berhati-hatilah jika Anda menyimpan uang di dalam tabungan. Sekarang ini pelaku pencurian kian profesional dan bisa membobol ATM. Itulah yang dialami Siska Panduwinata, 27, warga Miroto, Semarang Barat. Uang tabungan Rp 1,7 juta di ATM Bank Mandiri miliknya tiba-tiba melayang. Anehnya, ia mengaku tidak mengambil uang tersebut. Merasa menjadi korban, ia akhirnya melaporkan kasus yang dialaminya ke Polrestabes Semarang.
Uang tabungan Rp 1,7 miliknya itu diketahui hilang Rabu (2/7). Tiba-tiba handphone miliknya berdering dan ada SMS E-Banking yang berisi penarikan Rp 1 juta. Kontan saja, Siska kaget bukan kepalang. Dengan perasaan waswas, ia pun langsung mendatangi ATM Mandiri di SPBU Jalan Indrapasta. ”Kaget saja mendapat SMS E-Banking ada penarikan Rp 1 juta. Padahal ATM saya bawa,” akunya melapor.
Saat memasukkan ATM, Siska pun kian terbelalak. Ternyata tidak hanya Rp 1 juta, tapi semua tabungan miliknya sudah habis. Siska hanya bisa bengong untuk beberapa menit, ketika mendapati tabungan miliknya habis dikuras. ”Semua uang gaji, totalnya Rp 1,7 juta ludes hilang. Bagaimana mungkin bisa hilang begitu saja,” imbuhnya.
Ia langsung lemas, mendapati jika tabungan untuk bulan Ramadan semua hilang di dalam ATM. Padahal, gaji itu baru diterima dari tempatnya bekerja Senin (30/6). Total semua adalah Rp 1,8 juta. Tidak ingin uang habis, ia pun membiarkan gaji bulanan itu tetap tersimpan di dalam tabungan. ”Selasa (1/7) saya masih sempat mengecek dan uang masih lengkap. Itu gaji bulanan,” imbuhnya.
Siska berusaha untuk mengingat dan memastikan apa yang terjadi. Sayang, usahanya tetap tidak membuahkan hasil. Berkali-kali ia mengecek tabungan, maka hanya kekecewaan yang didapatkan. Tabungan yang semula di dalam rekening Mandiri lenyap dengan sendiri. ”Tidak habis pikir, bagaimana uang di dalam ATM bisa hilang. SMS E-Banking ada penarikan, padahal saya tidak merasa mengambil uang,” tambahnya. Merasa menjadi korban pencurian, Siska akhirnya melaporkan kasus yang dialaminya ke polisi. Kasus pembobolan ATM ini masih dalam penyelidikan Satreskrim Polrestabes Semarang. (fth/ric/ce1)