Ruang Ekskavasi Sedang Dipetakan

376

TEMANGGUNG—Kendati  jadwal ekskavasi lanjutkan belum diketahui secara pasti namun,  tim ekskavasi di situs Liyangan Dusun Liyangan Desa Purbosari kecamatan Ngadirejo, harus tetap melakukan pengukuran dan penetapan area yang akan digali.
Ketua tim peneliti Situs Liyangan Sugeng Riyanto menjelaskan, sebelum ekskavasi periode ini selesai, tim juga harus melakukan persiapan membuat grade untuk ekskavasi selanjutnya agar bisa lebih mengarah pada satu tujuan.
“Grade yang dimaksud yakni, melakukan pengukuran dan penetapan, kemudian nantinya akan dikotak-kotakan sesuai dengan garis-garis yang ditetapkan dalam pengukuran dengan disertai arah mata angin,” terangnya.
Ia mengakatan, ekskavasi berbeda dengan pengalian-pengalian biasa. Ekskavasi harus dilakukan dengan cara yang lebih teliti dan hati-hati, sebab yang dicari adalah barang-barang bersejarah yang mempunyai nilai sejarah yang tinggi.  
“Bedanya di situ, kalau pengalian biasanya tanpa dilakukan dengan pengukuran juga bisa. Sedangkan untuk ekskavasi harus dilakukan dengan sangat hati-hati, tapi yang terpenting adalah keselamatan kerja,” terangnya.
Ia menuturkan, jika pengukuran dan pemetakan sudah selesai, nantinya sesuai dengan hasil pengukuran tersebut akan ditentukan lokasi ekskavasi, sehingga mempermudah dalam pengambaran di peta.
“Tanpa kode-kode ini kita tidak bisa mengambar dalam peta selain itu, tanpa dilakukan pengukuran ekskavasi tidak bisa dilakukan dengan akurat dan optimal,” tandasnya. (zah/lis)