Senin-Minggu Berlatih, Pecahkan Rekor Nasional

1397

boks2

Edo Chandra Satya Negara baru saja mengharumkan nama sekolahnya, SMP Negeri 6 Semarang. Ia meraih medali emas lari sprint 60 meter pada Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2014 tingkat nasional di Jakarta.

EKO WAHYU BUDIYANTO, Kebonagung

EDO Chandra Satya Negara dikenal tekun, sungguh-sungguh, dan disiplin dalam berlatih lari. Tak heran, jika akhirnya dia memetik hasilnya. Cowok kelahiran Semarang, 12 Juni 2000 ini pada akhir Juni lalu menjuarai nomor lari 60 meter pada O2SN tingkat nasional. Atas prestasinya itu, ia berhak membawa pulang medali emas.
Edo -sapaan akrabnya- menceritakan, sebelum lolos ke tingkat nasional, dia berjuang dari bawah, mulai tingkat Kota Semarang, Provinsi Jateng, hingga melaju ke tingkat nasional. Sebelum itu, siswa kelas VIII yang naik kelas IX ini pernah menjuarai nomor lari Pekan Olahraga Daerah (POPDA) Jateng. Bahkan pada O2SN tingkat nasional lalu, Edo berhasil memecahkan rekor lari sprint 60 meter dengan catatan waktu 07,12,00 detik.
Dia mengakui, bakatnya dalam olahraga atletik merupakan anugerah Tuhan yang patut disyukuri. ”Peran dari orang tua, teman, guru, dan teman-teman yang dapat membuat saya seperti ini. Semoga ke depannya saya dapat mengukir prestasi lebih baik lagi,” kata Edo.
Jumari, ayah Edo bercerita, sejak kecil putranya dikenal sebagai anak yang lincah dan aktif. Edo juga rajin berlatih lari hampir setiap hari, mulai Senin sampai Sabtu di lapangan Tri Lomba Juang Mugas yang saat ini baru direnovasi.
”Selain itu, setiap minggu, anak saya berlatih lari di lapangan Universitas Negeri Semarang (Unnes),” kata Jumari, yang juga anggota TNI Kodam IV/Diponegoro.
Jumari mengatakan, waktu SD, Edo sering ditunjuk menjadi ketua kelas oleh teman-temannya. Padahal sebenarnya Edo termasuk cowok pemalu. ”Berhubung diberi tanggung jawab ya dijalankan dengan ikhlas dan penuh disiplin dan tanggung jawab,” ujarnya.
Kepala SMPN 6 Sri Sarmini menilai Edo termasuk atlet lari yang memiliki prospek cerah. Saat ini, Edo juga tengah mempersiapkan diri untuk mengikuti kejuaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja yang akan digelar di  Jawa Timur.
”Kami sebagai tim pengelola dan penyelenggara program kelas olahraga di SMPN 6 Semarang sangat bangga dan mengapresiasi prestasi yang diraih Edo. Prestasi itu diraih juga berkat kegiatan ekstrakurikuler atletik di sekolah kami, dan latihan di Club Atletik Pandanaran Semarang,” ujar Sri Sarmini.
”Kami berharap kepada pemerintah daerah maupun pusat terutama Kemendiknas agar dapat mengawal prestasi ini dengan baik, dan bisa meningkatkannya sampai pada event bertaraf internasional,” harapnya. (*/aro/ce1)