AKN Jamin Lulusan Langsung Kerja

1580

KAJEN–Kampus AKN di Eks Gedung Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Jalan Bahurekso Nomor 1 Kajen sejak Kamis (7/8) kemarin, mulai dipenuhi calon mahasiswa baru. Saat ini, sudah ada 42 calon mahasiswa yang mendaftar, dari 96 mahasiswa yang dibutuhkan.
Tina Hartati, 21, warga asal Desa Sidorejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan mengaku mendaftar di AKN Kajen, karena milik Pemkab Pekalongan. Dia yakin, kualitas pendidikan lebih terjamin dan fasilitas lebih memadai. “Saya pilih AKN. Pertama karena itu kampus negeri dan terletak di Kajen yang tidak jauh dari Kesesi. Tidak harus ke Kota Pekalongan,” ungkap Tina.
Tina juga mengatakan bahwa tujuan dirinya mendaftar di AKN agar setelah lulus bisa langsung bekerja. Apalagi jurusan yang dibuka AKN, saat ini sedang dibutuhkan di Kabupaten Pekalongan.
“Saya melihat di brosur. AKN sudah bekerjasama dengan banyak perusahaan, sehingga mahasiswa yang lulus dari AKN, bisa langsung diterima di perusahaan tersebut. Tujuan saya kuliah di AKN hanya itu, kerja,” kata Tina saat ditemui di kampus AKN.
Sedangkan Koordinator Pengelola AKN Kajen, Mujiyanto mengungkapkan bahwa ini adalah angkatan pertama pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Negeri Bandung (Polban), Program Studi Diluar Domisili (PDD) Kajen, Akademi Komunitas Negeri (AKN) Kajen. Pendaftaran sudah dibuka sejak 4 Agustus lalu hingga 22 Agustus. AKN membuka program Diploma II (D-II) dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (IT), Teknik Kimia, dan Teknik Mekatronika pada tahun ajaran 2014/2015 ini.
“Kami menerima lulusan baru maupun lulusan beberapa tahun sebelumnya dari SMA/SMK sederajat dari semua jurusan. Biaya pendaftaran calon mahasiswa baru sebesar Rp 100.000. Seleksi tes tertulis akan diselenggarakan pada 23 Agustus 2014. Hasil tes akan diumumkan pada 26 Agustus 2014 di Kampus AKN Kajen,” katanya.
Dijelaskan, AKN Kajen merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu/diploma dua berbasis keunggulan lokal untuk memenuhi kebutuhan khusus. Karena itulah, AKN akan memberikan bantuan operasional pada mahasiswa baru untuk satu semester pertama.
“AKN diharapkan menjadi institusi pendidikan vokasi yang unggul dan berdaya saing tinggi. AKN membuka program studi sesuai kebutuhan lokal atau kebutuhan tenaga kerja, disamping kebutuhan tenaga kerja terampil. Program studi yang dibuka merupakan hasil perbincangan dengan dunia industri dan telah bekerjasama dengan 12 perusahaan di Kabupaten Pekalongan,” tandas Mujiyanto. (thd/ida)
Mahasiswa Dapat Bantuan Operasional