Pesangon Dewan Rp 468 Juta

274

BALAI KOTA – Anggota DPRD Kota Semarang periode 2009-2014 yang akan memasuki masa purna tugas pada 14 Agustus mendatang akan mendapatkan pesangon. Hal tersebut sebagai bentuk penghargaan terakhir terhadap para anggota wakil rakyat yang sudah mengabdi selama lima tahun.
Sekretaris DPRD (Sekwan) Kota Semarang Fajar Purwoto menyatakan, berdasarkan anggaran yang telah disepakati dewan, untuk uang pesangon tersebut telah dianggarkan sebesar Rp 468 juta melalui APBD murni 2014. Dana tersebut yang akan dibagikan kepada 48 anggota dewan yang saat ini masih aktif.
”Sebenarnya anggota DPRD Kota Semarang berjumlah 50 orang, tapi yang dua sudah tidak aktif, dia adalah Rudi Nurrahmad dan Zulkarnaini,” kata Fajar, kemarin (7/8).
Fajar menambahkan, masing-masing anggota dewan direncanakan akan mendapatkan pesangon bersih setelah dikurangi pajak sekitar Rp 8 juta. Jumlah tersebut didasarkan atas perhitungan 6 kali uang representasi atau absensi yang telah diatur dalam Permendagri Nomor 12 Tahun 2010.
Ketua DPRD Kota Semarang Wiwin Subiono tidak menampik akan adanya uang pesangon ini. Menurutnya, uang pesangon tersebut sebagai uang penghormatan untuk anggota dewan yang telah mengabdikan dirinya dalam membantu pembangunan di Kota Semarang.
”Nilai uangnya juga tidak begitu besar. Uang itu sebagai apresiasi para anggota dewan yang sudah mengabdi dan membantu pembangunan di Kota Semarang,” tegasnya.
Sesuai Permendagri Nomor 12 Tahun 2010, lanjutnya, uang pesangon dewan baru dapat dicairkan sesudah adanya Surat Keputusan (SK) pemberhentian dari Gubernur Jateng.
Diketahui, dari 50 anggota dewan periode 2009-2014, sebanyak 20 orang akan meneruskan kedewanannya hingga 2019 mendatang. Karena mereka terpilih kembali, sedangkan 30 anggota lainnya diganti dengan orang baru sesuai hasil pemilihan legislatif (pileg) 9 April lalu. (zal/aro/ce1)