Plt Harus Banyak Belajar

342

GEDUNG BERLIAN – Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Jateng membutuhkan pimpinan yang cakap dan kredibel karena tuntutan tugas yang cukup berat. Tugas berat DPPAD ke depan di antaranya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan memperbaiki inventarisasi aset milik pemprov yang masih tersandera pihak ketiga.
Anggota Komisi C DPRD Jateng Tety Indarti mengatakan sebagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) penghasil, DPPAD memiliki tugas tidak ringan. Pimpinan DPPAD harus mampu menggali dan menggenjot pendapatan daerah lebih besar sebagai konsekuensi pencanangan tahun infrastruktur oleh Gubernur Ganjar Pranowo. ”Gubernur Jateng sudah menyatakan akan tancap gas di tahun kedua, tentu SKPD harus mampu mengimbanginya. Apalagi dengan pencanangan tahun infrastruktur, membutuhkan anggaran yang besar untuk pelaksanaannya,” kata Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jateng ini.
Pernyataan tersebut disampaikannya menanggapi rapat pembahasan anggaran antara DPPAD Jateng dengan Komisi C DPRD Jateng, Rabu (6/8). Dalam rapat tersebut, sejumlah anggota dewan tampak kesal karena Plt Kepala DPPAD Jateng Pudji Astuti tidak membawa data lengkap dan tampak kebingungan menjawab pertanyaan wakil rakyat. Pudji yang baru dua bulan dilantik menggantikan pejabat sebelumnya, Herry Supangkat dinilai tidak memahami penyusunan anggaran.
Lebih lanjut Tety meminta Pudji Astuti tidak malu belajar dengan pejabat lama di DPPAD yang lebih senior. ”Plt Kepala DPPAD harus belajar dari pejabat lama yang memang lebih menguasai anggaran,” ungkapnya. Menurut dia, posisi Pudji yang semula hanya Kepala Unit Pelayanan Pendapatan dan Pemberdayaan Aset Daerah (UP3AD) Kota Pekalongan pasti membutuhkan penyesuaian saat diminta memimpin SKPD yang membawahi 35 kabupaten/kota.
Dia juga mengaku kecewa dengan performa Pudji dan jajarannya para rapat pembahasan anggaran di ruang rapat Komisi C, Rabu (6/8). ”Semestinya sebelum rapat bahan-bahan dan data disiapkan dengan matang sehingga tidak kebingungan,” tandasnya.
Ketua Komisi C DPRD Jateng Asfirla Harisanto mengatakan karena data yang dipaparkan tidak lengkap, pihaknya akan menjadwal ulang rapat dengan DPPAD Jateng. ”Komisi C segera memanggil jajaran DPPAD Jateng, untuk waktunya masih kita rapatkan,” papar dia. (ric/ce1)