Gudang Mangkrak Dibobol, Kerugian Ratusan Juta

279

GAYAMSARI – Sebuah gudang yang berada di Jalan Brigjen Sudiarto nomor 166, Gayamsari, Semarang, dibobol maling. Pembobolan gudang milik developer Palm Hill tersebut diketahui oleh salah seorang staf yang hendak mengambil barang di dalam gudang, Senin (11/8), sekitar pukul 14.00. Namun kejadian tersebut baru dilaporkan ke pihak kepolisian sehari setelahnya, Selasa (12/8). Dalam aksi pembobolan tersebut, pelaku berhasil membawa kabur 100 kran air, ratusan wastafel dan interior bath up. Total kerugian yang dialami pemilik ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.
Akhmad Nasikun, 50, staf yang mengetahui kejadian tersebut mengaku jika gudang tersebut sudah lama tidak didatangi. Meski demikian, barang-barang di dalam gudang masih tertata rapi, hingga pada Senin (11/8) siang Nasikun datang untuk mengambil beberapa barang.
”Sudah hampir satu tahun tidak digunakan. Baru Senin kemarin saya ditugasi kantor untuk mengambil barang di gudang. Pas sampai di dalam ternyata ratusan keran sudah hilang,” ujar warga Ngesrep, Banyumanik, tersebut di lokasi kejadian, Selasa (12/8).
Mengetahui hal tersebut, Nasikun kemudian melaporkannya ke pihak kantor. Setelah dilakukan pengecekan ulang dan disadari telah terjadi pencurian barang-barang tersebut, pihak kantor pun melapor ke polisi. Tidak lama setelah pelaporan tersebut, petugas Polsek Gayamsari dan Unit Olah TKP Polrestabes Semarang langsung mendatangi lokasi dan menggelar identifikasi lokasi kejadian. Berdasarkan identifikasi yang dilakukan oleh pihak kepolisian, ditemukan pecahan keramik yang diduga terjatuh dan terinjak-injak oleh pelaku saat melakukan pencurian.
Namun terkait waktu pencurian, baik korban dan polisi belum dapat memastikannya. Itu lantaran gudang yang sudah hampir satu tahun terakhir tidak digunakan untuk aktivitas. Selain itu, bangunan yang berada agak ke dalam dari jalan raya juga jarang dimasuki orang. ”Sejak tidak digunakan sebagai perkantoran, gudang itu tidak pernah dimasuki orang,” terang Nasikun. (har/jpnn/ric/ce1)