Tim Basket Jateng Buka Peluang

311

SEMARANG – Tim basket putra dan putri Jateng tampil bagus di Kejurnas Kelompok Umum (KU) 2014 yang saat ini tengah berlangsung di GOR Sunter, Jakarta Utara hingga 19 September mendatang.

Dalam ajang yang juga digunakan sebagai babak kualifikasi PON Remaja I tersebut, tim putri Jateng hingga kemarin mampu mencatat dua kali kemenangan. sementara di putra telah satu kali menang.

Tim putri ramuan coach Xaverius Wiwid berhasil unggul jauh 70-47 atas Sumatera Selatan di laga perdana. Kemudian di laga kedua siang (14/9) kemarin, mengalahkan Sumatera Barat dengan skor 40-36.

Kemudian tim putra Jateng yang diramu oleh coach Bingan Hedi, di laga pertama langsung unggul 57-44 atas Sumatera Barat. Laga kedua versus Sumatera Selatan hingga berita ini diturunkan petang kemarin masih berlangsung.

Manajer tim Jateng, Sukahat Harianja dihubungi kemarin mengatakan melihat penampilan anak-anak Jateng di babak kualifikasi ini pihaknya cukup optimistis mampu mendapat tiket menuju PON Remaja I yang akan digelar di Surabaya 6-12 Desember 2014. “Peluang kita sangat besar untuk lolos, apalagi permainan anak-anak masih cukup konsisten hingga pertandingan kedua kemarin. Jadi kita yakin menghadapi babak kualifikasi ini,” terang Sukahat kemarin.

Dalam babak kualifikasi ini kata Sukahat total ada 16 tim putra dan 17 tim putri. ”Nanti yang lolos ada 10 daerah, satu sudah pasti didapat Jatim sebagai tuan rumah,” sambungnya.

Namun Sukahat menambahkan, meski nanti Jateng telah berhasil memastikan diri lolos ke PON Remaja pertama, setelah babak kualifikasi ini tim manajemen dan pelatih akan tetap melakukan evaluasi.

Artinya, bisa jadi skuad putra dan putri Jateng yang ada saat ini mengalami perombakan sebelum turun di Surabaya mendatang,”Karena untuk basket nanti lolosnya by number jadi kemungkinan tambal sulam masih ada krena kita juga ingin mendapatkan pemain-pemain yang terbaik yang ada di Jateng,” bebernya.

Skuad Jateng sendiri saat ini total dihuni oleh 23 pemain yang terdiri dari 12 punggawa putra dan 11 putri. Sukahat menambahkan, skuad yang ada saat ini dibidik oleh Perbasi Jateng melalui beberapa kejuaraan yang kemarin kelar digelar. “Kita sudah pantau di beberapa kejuaraan seperti terakhir Walikota Cup kemarin. Ya prinsipnya nanti meskipun sudah lolos kita akan menyiapkan tim agar lebih baik karena di Surabaya mendatang kita akan berhadapan dengan tim-tim kuat seperti tuan rumah Jatim, DKI Jakarta maupun Jabar,” pungkas mantan manajer tim basket putra PON Jateng 2012 itu. (bas/smu)