Angin Segar PNS Rp 140 Miliar

338

BALAI KOTA – Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Semarang mendapat angin segar. Sebab, pemkot mengajukan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sebesar Rp 140 miliiar. Pengajuan itu disampaikan dalam Kebijak­an Umum Anggaran dan Per­hi­tungan Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) RAPBD dalam rapat paripurna yang digelar, Jumat (19/9) kemarin.

Sekda Kota Semarang Adi Tri Hananto mengatakan, dalam rapat pleno DPRD diajukan tiga opsi tambahan sebesar 75 persen, 87,5 persen dan 100 persen. Pengajuan kenaikan TPP itu tentunya sudah melalui berbagai pertimbangan, salah satunya dihitung berdasarkan capaian prestasi yang telah diperoleh Kota Semarang serta pretasi kinerja kerja pegawai di lingkup pemkot. ”Utamanya pada pegawai yang berada di wilayah kelurahan hingga staf,” jelasnya, Jumat (19/9) kemarin.

Menurut Adi, selain prestasi, tambahan itu diberikan untuk memotivasi kinerja para pegawai dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. ”Kami berharap, pengajuan itu disetujui, agar tambahan TPP itu lebih meningkatkan kinerja pegawai serta pelayanan yang prima kepada masyarakat,” imbuhnya.

Anggota DPRD Kota Semarang Suciati menyatakan, kenaikan TPP untuk PNS harus melihat kemampuan keuangan daerah. ”Jadi harus melihat kondisi keuangan Pemkot Semarang juga, memungkinkan atau tidak. Selain itu apabila usulan itu nantinya dipersetujui harus diimbangi dengan reward dan punishment,” paparnya.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono mengatakan, TPP itu diberikan agar para pegawai lebih termotivasi dalam melakukan pekerjaan dan lebih prima dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. ”Wajar saja kalau pemkot mengusulkan TPP itu. Sebab selama ini pemkot baru mengajukan TPP sejak tiga tahun terakhir,” jelasnya.

Namun demikian, pihaknya belum bisa memastikan usulan TPP itu mendapat persetujuan dari hasil rapat komisi D. ”Keputusannya nanti setelah diadakan rapat badan anggaran (Banggar) bersama Komisi D. Apabila pebgajuan itu nantinya disetujui, pasti akan diparipurnakan,” pungkasnya. (mg9/zal/ce1)