Cukup Satu Poin dari Medan

615
PEMBUKTIAN: Duel dua gelandang M. Yunus dari PSIS (biru) dan Donny Siregar, saat kedua tim bertemu di leg pertama di Stadion Jatidiri lalu di mana PSIS menang tipis 1-0. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)
PEMBUKTIAN: Duel dua gelandang M. Yunus dari PSIS (biru) dan Donny Siregar, saat kedua tim bertemu di leg pertama di Stadion Jatidiri lalu di mana PSIS menang tipis 1-0. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)
PEMBUKTIAN: Duel dua gelandang M. Yunus dari PSIS (biru) dan Donny Siregar, saat kedua tim bertemu di leg pertama di Stadion Jatidiri lalu di mana PSIS menang tipis 1-0. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – PSIS Semarang akan kembali melakoni laga lanjutan babak 16 besar Divisi Utama, sore (20/9) nanti. Fauzan Fajri dkk akan kembali melakoni laga tandang versus Pro Duta FC di Stadion Teladan Medan. Tim berjuluk Mahesa Jenar itu merambisi untuk mencuri poin atas Pro Duta. Maklum saja, dengan tambahan satu poin saja PSIS akan memastikan satu tiket ke babak delapan besar kompetisi kasta kedua di Indonesia itu.
”Tetap target kami bisa mencuri poin atas tuan rumah Pro Duta. Kalau tidak bisa menang, ya minimal bisa mengambil poin seri untuk mendapatkan tiket lolos ke delapan besar,” kata manajer tim PSIS, Wahyu ’Liluk’ Winarto.
Hanya saja, secara hitung-hitungan teknis, PSIS akan melakoni laga yang berat jika berambisi mengambil poin di Stadion Teladan. Maklum saja, Pro Duta secara teknis memiliki kualitas pemain yang cukup mumpuni untuk mengamankan tiga poin penuh di kandang mereka nanti.
Hal itu bisa terlihat ketika anak-anak asuh Ansyari Lubis tersebut bertandang ke Stadion Jatidiri Semarang pada leg pertama lalu. Fauzan Fajri dkk dibuat pontang-panting meladeni Pro Duta meski akhirnya PSIS mampu menang 2-1.
”Memang kita harus kerja ekstrakeras kalau ingin mengambil poin di Medan. Ya mudah-mudahan dengan strategi dan komposisi yang diterapkan pelatih besok (hari ini, Red) kita bisa mencuri poin,” lanjut Liluk.
Pertarungan di sektor sayap sore nanti dipastikan akan kembali ketat. Pro Duta seperti diketahui memiliki bek serta pemain gelandang sayap yang sarat akan kecepatan seperti Ghazali Siregar, Rahmat Hidayat maupun Rommy Agustiawan.
Strategi permainan sayap yang diterapkan pelatih Ansyari Lubis di leg pertama lalu juga menjadi kunci permainan Pro Duta. Mereka mampu tampil cepat dan taktis membangun serangan dari lini tersebut.
Sementara di kubu PSIS sendiri sebenarnya juga memiliki pemain-pemain bertipikal sayap seperti gelandang Ahmad Nufian Dani dan Franky Mahendra serta dua bek sayap Taufik Hidayat serta Welly Siagian.
Hanya saja, sebelum bertolak ke Medan kemarin, Frangky dan Welly masih harus menjalani pemulihan pascacedera masing-masing. Sementara Taufik, baru bisa bergabung menjelang keberangkatan mereka ke Medan kemarin setelah usai mengikuti tes masuk TNI AD.
”Kami masih lihat kondisi pemain-pemain yang cedera seperti Welly dan Franky. Kalau sampai kondisi terakhir besok (hari ini, Red) mereka sudah siap tampil akan lebih bagus,” terang pelatih Eko Riyadi dihubungi terpisah.
Selain di sektor sayap, pertarungan di lini tengah permainan sore nanti dipastikan juga akan kembali ketat. Tuan rumah memiliki sederet pemain tengah yang selama ini mampu menjadi tulang punggung tim seperti Donny Fernando Siregar dan Walter Brizuella.
Sementara PSIS sendiri, sore nanti juga sudah bisa menggunakan tenaga penuh gelandang asal Uruguay, Ronald Fagundez yang akan ditopang oleh Andi Rohmad, Edianto, M. Yunus atau Ahmad Nufian Dani.
”Untuk Fagundez sudah tidak masalah, dia sudah pulih hampir 100 persen. Hanya untuk Yunus masih terus kita pantau. Tapi untuk tengah kita tidak ada masalah karena kita memiliki banyak pilihan pemain,” pungkas Eko. (bas/ida/ce1)

Pro Duta
Pelatih : Ansyari Lubis
Formasi : 4-3-3 (merah-merah-merah)
Kiper : Yudha Andika
Bek : (kiri) Rachmadi (c), Agus Nova, Valli Khorsandi, Romi Agustiawan
Gelandang : Donny F Siregar, Fajar Andika, Walter Brizuela
Striker : Rahmad Hidayat, Ghozali M S, Fiwi D

PSIS
Pelatih : Eko Riyadi
Formasi : 4-2-3-1 (putih-putih-putih)
Kiper : Catur Adi Nugroho
Bek : (kiri) Welly Siagian, Fauzan Fajri (c), afrudin Tahar, Taufik Hidayat
Gelandang : Andi Rahmad, Edyanto, Ronald Fagundez, M Yunus, Franky Mahendra
Striker : Julio Alcorse