Perawatan Stadion, Rp 1 M Tiap Tahun

331

UNGARAN – Pemeliharaan Stadion Wujil di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang bakal menelan biaya Rp 1 miliar setiap tahunnya. Bahkan rumput di stadion yang diimpor dari Argentina itu membutuhkan biaya operasional perbulan sebesar Rp 15 juta.

Untuk merawatnya saja butuh keahlian khusus, sehingga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Semarang menggelar pelatihan selama enam bulan bagi staf dan pekerja Dinas Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata (Disporapar) selaku pengelola lapangan.

”Memang dibutuhkan penanganan khusus terutama rumput pada lapangan sepak bolanya. Sebab rumputnya tidak diperkenankan tumbuh tinggi dan tercampur dengan rumput liar. Pupuknya juga tidak pupuk sembarangan, jika salah pupuk bisa rusak. Saat ini pengelolaan stadion sudah kami serahkan ke Disporapar,” tutur Kepala DPU Kabupaten Semarang, Totit Oktorianto, kemarin.

Seperti sekarang ini, kata Totit, perlu pemangkasan rumput karena sudah mulai tinggi. Namun penanganannya terkendala APBD Perubahan yang diusulkan Disporapar mundur.

Sementara itu Kepala Disporapar, Partono melalui Kabid Pemuda dan Olahraga, Alexander Gunawan menjelaskan bahwa biaya perawatan khusus untuk lapangan bola di Stadion Wujil cukup besar. Setiap bulannya mencapai Rp 15 juta yang digunakan untuk membeli pupuk, pemotongan, serta pengairan rumput. Anggaran tersebut sudah dianggarkan dalam perubahan APBD 2014. (tyo/ida/ce1)