Ada Lahan Lembek, Perlu Desain Ulang

270

GUBERNURAN – Proyek pengembangan bandara Internasional A Yani Semarang masih terkendala adanya titik lahan yang lembek. Karena itu, mengharuskan dilakukan desain ulang di sejumlah titik. Tentu saja, hal ini menyebabkan pembengkakan anggaran yang semula hanya Rp 1,14 triliun.

”Pembangunan jalan terus dan dikebut, cuma memang ada lahan yang lembek. Sehingga mau tidak mau, harus ada desain ulang di titik tersebut,” kata Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, usai menerima Pimpinan Proyek Pengembangan Bandara A Yani, Ida Prihastuti dan General Manager PT Angkasa Pura I, Priyo Jatmiko di kantor Gubernuran Jateng, kemarin.

Ganjar sudah memanggil instansi terkait untuk membahas pengembangan bandara. Ia optimistis, pembangunan bandara bisa segera rampung. ”Kami telah mendesak pembangunan dikebut, terutama di lokasi yang tidak bermasalah,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ida Prihastuti mengakui adanya kesulitan pembangunan di lahan lembek tersebut. Kendati begitu, pihaknya sudah berupaya keras mengantisipasi adanya lahan berair itu. Tapi tetap ingin memastikan pembangunan benar-benar maksimal. ”Kami sudah membangun tiang pancang 10 sampai 20 meter, tapi masih berair. Jadi harus ada desain ulang di lahan itu,” katanya usai bertemu Gubernur Jateng.

Karena ada desain ulang, katanya, otomatis menyebabkan terjadinya penambahan biaya operasional. Meski begitu, ia masih belum mengatahui berapa anggaran tambahan yang dibutuhkan. Yang diutamakan saat ini, adalah pembangunan maksimal untuk meminimalisasi kelemahan. ”Penambahan anggaran hanya untuk pekerjaan akses jalan. Karena tanah yang lembek ada di lokasi titik jalan,” tambahnya.

Priyo Jatmiko dari Angkasa Pura I juga menambahkan perlunya desain ulang untuk pembangunan di lahan yang lembek. Untuk pembangunan, baru 0,72 persen dari target awal yang mestinya 2,6 persen di minggu ke-25. Molornya target, semata-mata karena masalah lahan yang berair. ”Tapi kami optimistis pembangunan sesuai target. Pembangunan terus dikebut,” tambahnya. (fth/ida/ce1)