Bikin Rusak Jalan, Akar Pohon Dibedol

310

PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU
PUPUT PUSPITASARI/RADAR KEDU

MAGELANG–Pemkot membongkar sejumlah akar pohon peneduh di tepi Jalan Pahlawan, Jalan Mataram, dan Potrobangsan, Magelang Utara, yang menonjol ke permukaan hingga menyebabkan jalan aspal menjadi bergelombang.
Dana untuk perbaikan jalan berasal dari pemerintah pusat yang direalisasikan melalui dana alokasi khusus (DAK) 2014. Yakni, senilai Rp 4.518.615.000, dengan lama pengerjaan 120 hari kalender.
Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Budi Susilo mengatakan, perbaikan dalam rangka memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan. Sebab, jalan aspal yang bergelombang dan rusak, bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.
“Beberapa jalan yang bergelombang kami ratakan. Kami bongkar dulu akar pohonnya dan digali kedalamannya sekitar 25 sentimeter,” kata Kasi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Magelang itu, kemarin.
Pembantu Pelaksana PT Armada Hada Graha, Ircham, mengatakan, setelah akar pohon dibongkar, maka jalan yang rusak akan dicor menggunakan beton dan dilapisi dengan aspal hotmix. Tujuannya, agar akar tidak cepat tumbuh lagi. Proyek ini sudah berjalan dua minggu. Saat ini sudah 50 titik di Jalan Pahlawan yang dikerjakan. Target kami sebelum musim hujan sudah selesai.” (put/isk)