Datsun Sasar Segmen Muda

361

SEMARANG–PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dengan varian terbarunya Datsun Go Panca, menyasar segmentasi anak muda. Beberapa varian disesuaikan dengan kebutuhan dan selera kalangan ini.

Head of Datsun Indonesia, Indriani Hadiwidjaja mengatakan bahwa untuk varian tersebut, Datsun menyasar konsumen yang berusia antara 25 tahun-35 tahun dengan penghasilan per bulan mencapai Rp 7 juta. Kalangan dengan segmentasi ini dinilai potensial.

“Rentang usia ini mulai membutuhkan kendaraan untuk mobilitas mereka. Karena telah berpenghasilan yang mencukupi, maka mereka juga bisa menjadi decision maker dalam pemilihan kendaraan yang akan dibeli,” ujarnya.

Karena itu, ucapnya, untuk desain interior maupun luar disesuaikan dengan kebutuhan serta selera kalangan tersebut. Dengan penyesuaian ini serta strategi penjualan by order, pihaknya optimistis menargetkan penjualan produk varian terbarunya di Semarang hingga 1.440 unit. “Kami menargetkan penjualan di Semarang bisa mencapai 36 persen dari target total penjualan 40.000 unit hingga akhir tahun ini,” ujarnya.

Indriani menambahkan, target penjualan merek Datsun hingga akhir 2014 yakni 40.000 unit, dengan rincian Datsun Go+ Panca model multi purpose vehicle (MPV) sebanyak 36.000 unit dan produksi Datsun Go Panca model hatcback sebanyak 4.000 unit.

Setelah peluncuran Datsun Go Panca pada Agustus lalu pemesanan dari konsumen mencapai 1.000 unit. Adapun, permintaan memang masih banyak dari luar kota terutama Pulau Jawa. “Karena launching awal baru tersedia versi manual. Tapi angka segitu cukup bagus,” kata dia.

Melihat potensi penjualan yang cukup tinggi ini, perusahaan membuka kantor cabang Datsun yang melayani penjualan. Saat ini tercatat ada 96 diler di Indonesia, diantaranya 4 diler di Semarang dan Solo. (dna/ida)