Gunawan Sekda Kabupaten Semarang

399

UNGARAN – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kabupaten Semarang akhirnya terisi. Wakil Gubernur (Wagub) Jateng Heru Sudjatmoko melantik, Drs Gunawan Wibisono MM sebagai Sekda, di Pendopo Rumah Dinas Bupati Semarang, Selasa (14/10) kemarin. Harapan ke depan, pejabat sekda baru tersebut dapat menjadikan Kabupaten Semarang lebih baik dan kondusif.

Menurut Heru, terpilihnya Gunawan sudah melalui tahapan dan prosedur yang ditetapkan. Mulai seleksi enam nama calon yang diusulkan Bupati Semarang oleh tim Pemprov Jateng, hingga mengerucut tiga nama dan kemudian diajukan ke Kemendagri.

”Jadi Sekda harus pandai menjaga sikap, sebab punya atasan Bupati dan Wakil Bupati. Sekda tidak boleh mengabaikan salah satu pihak. Perbedaan sikap akan menjadikan hubungan yang tidak harmonis,” kata Heru dalam sambutannya usai melantik Gunawan Wibisono yang dihadiri Bupati Semarang, Mundjirin dan Wakil Bupati, Warnadi serta seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Tidak hanya itu, imbuhnya, Sekda juga harus bisa menjembatani dengan legislatif dan pejabat lain di Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda). Termasuk kepentingan ribuan PNS lain di Kabupaten Semarang. ”Intinya adalah bagaimana semua bisa di-bombong tapi tidak salah. Di sini lah yang tidak mudah, yakni peran seperti itu,” tutur Heru.

Sementara itu, Sekda Gunawan Wibisono mengatakan bahwa dirinya sudah menyusun prioritas kerja jangka pendek dalam menghadapi tutup tahun 2014. Yakni percepatan pembebasan lahan di seksi III dan IV untuk jalan tol Semarang-Solo. Selain itu, mantan Staf Ahli Bupati Semarang Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan ini, menyiapkan juga materi dan pembahasan RAPBD 2015 serta memacu SKPD untuk menyelesaikan kegiatan yang telah dianggarkan di tahun 2014, baik melalui APBD maupun APBD Perubahan.

”Waktunya tinggal dua bulan, jadi harus benar-benar diperhatikan. Apalagi tiga tahun terakhir mendapat predikat WTP (wajar tanpa pengecualian). Kami akan melakukan percepatan pembebasan lahan tol dan menyiapkan materi pembahasan RAPBD 2015,” ungkap Gunawan. (tyo/ida/ce1)