Macau Diminati Wisatawan Indonesia

287
Adityo Dwi R/Radar Semarang
Adityo Dwi R/Radar Semarang
Adityo Dwi R/Radar Semarang

PERMUDAH BERWISATA: Berbagai program ditawarkan para agen dan biro wisata dalam Nusantara Pesta Wisata 2014, beberapa waktu lalu. (Adityo Dwi R/Radar Semarang)

SEMARANG – Jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Macau terus bertambah tiap tahunnya. Wisata budaya serta berbagai event menarik menjadi sajian andalah kota yang berada di provinsi Guangdong, Tiongkok ini.

PR & Communicaton Manager Macau Government Tourist Office Representative in Indonesia, Ningsih Chandra mengatakan, tempat ini sebetulnya sudah cukup lama populer di masyarakat Indonesia. Namun pertumbuhan wisatawan yang berkunjung ke sana mulai terasa sejak 2009 lalu.

Tahun lalu, total kunjungan dari wisatawan Indonesia sebanyak 208 ribu orang. Sedangkan untuk tahun ini target bertambah tiga ribu orang menjadi sekitar 211 ribu pengunjung. Target kunjungan tahun ini menurun, karena 2014 menjadi tahun politik untuk Indonesia. Selain itu, berbeda dengan tahun 2013 yang cukup banyak long weekend, sementara di 2014 hanya sedikit. Namun, jumlah tersebut masih dapat terus bertambah mengingat peak season berada di rentang bulan Oktober hingga Januari. Di bulan-bulan ini banyak digelar berbagai festival budaya serta diskon berbelanja.

Selain itu, lanjut Ningsih, Macau yang merupakan bekas jajahan Portugis ini juga memiliki wisata budaya yang menarik. Salah satunya adalah gedung-gedung peninggalan Portugis dengan arsitektur yang unik. “Tempat ini bisa dibilang perpaduan antara budaya Barat dan Timur. Itu salah satu daya tarik utama. Transportasi dari satu tempat tujuan wisata ke tempat lainnya sebagian besar juga gratis. Jadi kita tinggal persiapkan biaya pengipan dan pesawat,” jelasnya. (dna/smu)