Ratusan Siswa Saksikan Pelantikan Jokowi-JK

352
BUDI SETYAWAN/RADAR SEMARANG
BUDI SETYAWAN/RADAR SEMARANG
BUDI SETYAWAN/RADAR SEMARANG

DILANTIK : Ratusan siswa di Kendal menyaksikan pelantikan Jokowi dan Jusuf Kalla sebagai Presiden dan Wapres RI di pendopo Kantor Bupati Kendal, Senin (20/10). (BUDI SETYAWAN/RADAR SEMARANG)

KENDAL – Ratusan siswa sekolah di tingkat SMP dan SMA di Kabupaten Kendal diajak menyaksikan prosesi pelantikan Presiden RI JokoWidodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di pendopo Kantor Bupati Kendal, kemarin.

Melalui layar lebar, Bupati Kendal Widya Kandi Susanti mengajak ratusan siswa untuk melihat langsung pengambilan sumpah jabatan Jokowi sebagai orang nomor satu di Indonesia. Selain Widya, kegiatan itu juga dihadiri Sekda Kendal, Bambang Dwiono, Kepala Dinas Pendidikan Muryono dan sejumlah kepala SKPD lainnya.

Selama hampir dua jam, para siswa dengan seksama menyaksikan tahapan-tahapan pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2014-2019 tersebut. “Ya, kegiatan menonton bareng pelantikan presiden ini sengaja melibatkan para siswa. Agar siswa mendapat inspirasi yang dapat memotivasi agar bisa pemimpin kelak,” ujar Widya Kandi.

Menurutnya, Jokowi merupakan tokoh inspiratif dengan berbagai prestasi yang diraihnya. Mulai dari menjabat sebagai Wali Kota Solo dua periode, Gubernur DKI Jakarta, hingga akhirnya sekarang terpilih menjadi Presiden. “Perjalanan beliau dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat, terutama di kalangan pelajar. Dari awalnya rakyat biasa, pengusaha, kemudian Wali Kota Solo, Gubernur DKI, dan sampai menjadi orang nomor satu di Indonesia,” lanjutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kendal, Muryono menyampaikan, para siswa yang berkesempatan menonton pelantikan bersama Bupati merupakan pengurus OSIS di setiap sekolah di Kabupaten Kendal. Selain menginspirasi, Muryono menambahkan, menonton pelantikan presiden terpilih juga sebagai upaya pembelajaran demokrasi yang baik bagi para siswa. “Siswa ini kan belum memiliki hak pilih untuk saat ini, maupun pilpres lalu. Untuk itu, perlu adanya pembelajaran demokrasi bagi mereka. Sehingga sudah siap dengan demokrasi,” ucap dia.

Salah satu pengurus OSIS SMK 1 Kendal, Diah Ayu, mengaku sangat senang bisa nonton bareng pelantikan Jokowi-JK di Pendopo Kabupaten Kendal. Dia berharap, Jokowi-JK nanti, bisa lebih baik memimpin Indonesia dibadningkan pemimpin sebelumnya “Saya ingin pak Jokowi dan JK, bisa memberantas korupsi dan membuka peluang kerja di Indonesia bagi generasi muda,” ucapnya. (bud/ric)