Bantu Pendidikan 350 Anak Asuh

267
Wahib pribadi/pekalongan pos
Wahib pribadi/pekalongan pos
PEDULI : Ketua Lembaga GNOTA Demak, Siti Harni Harwanto menyerahkan bantuan pendidikan pada anak asuh di gedung PKK, kemarin. (Wahib pribadi/pekalongan pos)

DEMAK – Lembaga Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (LGN-OTA) bersama Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) menaruh perhatian serius pada kelangsungan pendidikan para siswa kurang mampu. Karena itu, kedua lembaga tersebut bersinergi untuk meringankan beban mereka.

Diantaranya, membantu pendidikan terhadap 350 anak asuh. Dengan rincian, 280 untuk siswa SD dan 70 untuk siswa SMP yang tersebar di 14 kecamatan di wilayah Demak. Bantuan diserahkan Ketua LGN-OTA Demak, Siti Harni Harwanto yang berlangsung di gedung PKK, kemarin. Hadir dalam acara ini, Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Rudi Santosa dan Ketua Bazda Eko Pringgolaksito.

Dalam kesempatan itu, Ketua GNOTA, Siti Harni mengungkapkan, bantuan pendidikan itu diserahkan sebagai bentuk kepedulian terhadap pelajar, utamanya dalam menyelesaikan wajib belajar 9 tahun. “GNOTA terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, serta penyandang masalah kesejahteraan sosial,” terang istri Wabup Harwanto ini.

Ketua Bazda Eko Pringgilaksito menambahkan, sebanyak Rp 300 juta lebih dana telah terkumpul dari berbagai lembaga dan organisasi kemasyarakatan. Dari jumlah itu, Rp 60 juta diantaranya dikumpulkan melalui Bazda Demak. ”Ini menjadi bukti kepedulian kita terhadap generasi penerus. Kita berharap, dana yang terkumpul terus meningkat,” ujarnya.

Staf Ahli Bupati, Rudi Santosa mengapresiasi adanya kemitraan kedua lembaga tersebut. Dia berharap, kemitraan itu bisa dijalin terus demi masa depan anak-anak yang membutuhkan bantuan. Rudi mengatakan, adanya kemitraan itu turut mendorong semua pihak untuk menjadi orang tua asuh. “Jika bukan kita yang menjadi orang tua asuh, lalu siapa lagi yang akan memperhatikan pendidikan mereka. Dalam Islam sendiri telah mengajarkan kita semua untuk saling membantu sesama. Karena itu, kita harus ingat, bahwa dari sebagian harta kita terdapat hak bagi mereka yang membutuhkan,”katanya. (hib/ric)