PSIS v PERSIWA

282
BASKORO S/RADAR SEMARANG
BASKORO S/RADAR SEMARANG
BASKORO S/RADAR SEMARANG

MAKIN TAJAM: Julio Alcorse, masih menjadi andalan lini depan PSIS untuk membobol gawang Persiwa Wamena, malam nanti. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – PSIS akan kembali melakoni laga lanjutan babak delapan besar Divisi Utama 2014 malam nanti, menjamu Persiwa Wamena di Stadion Jatidiri. Di atas kertas, Mahesa Jenar memang lebih unggul dari tamunya Persiwa yang datang ke Semarang dengan skuad pas-pasan. Tim berjuluk Badai Pegunungan tersebut hanya membawa 11 pemain dalam lawatannya ke Semarang kali ini.

Namun kemenangan di atas kertas itu agaknya jangan sampai menjadi bumerang bagi Fauzan Fajri dkk, mengingat saat ini mereka masih membutuhkan poin untuk memastikan satu tiket berlaga di babak semi final kompetisi kasta kedua di Indonesia itu. “Apapun, anak-anak harus tetap fight di pertandingan lawan Persiwa. Kami masih membutuhkan minimal satu poin untuk mengamankan tiket semifinal. Intinya kami harus tetap fokus dan fight,” terang Manajer PSIS, Wahyu ‘Liluk’ Winarto.

PSIS saat ini masih berada di peringkat kedua Grup N dengan raihan delapan poin dibawah PSS Sleman yang masih berhasil memuncaki Grup dengan raihan 10 poin. Di waktu yang sama nanti, PSS akan melakoni laga tandang versus PSGC Ciamis di Stadion Galuh Ciamis. “Kalau besok (hari ini, Red) kami berhasil mendapat poin dan PSS kalah dari PSGC maka pertandingan tandang terakhir kami lawan Sleman akan menjadi penentuan juara grup. Makanya harapanya kami bisa tetap mengambil poin penuh lawan Persiwa,” sambung Liluk.

Sementara dari sisi teknis, petang nanti sang juru ramu PSIS, Eko Riyadi kemungkinan besar tetap akan menurunkan skuad terbaik mereka minus bek sayap Welly Siagian yang masih terbaring lantaran cedera engkel.

Namun di posisi tersebut Eko memiliki suntikan tenaga dengan kembalinya bek sayap muda Taufik Hidayat di tim. Selain itu petang nanti PSIS juga kembali bisa menggunakan tenaga gelandang asing mereka Ronald Fagundez setelah terbebas dari hukuman akumulasi kartu. “Taufik meski absen lama dia siap turun lawan Persiwa. Sedangkan di posisi lain tidak ada masalah kami bisa turun full team termasuk Ronald Fagundez di posisi gelandang kiri,” beber pelatih asal Semarang itu.

Eko juga menambahkan, dari pertemuan pertama timnya versus Persiwa pada leg pertama lalu dimana Mahesa Jenar bisa menahan Persiwa 1-1 di Stadion Pendidikan, Wamena, Eko mengatakan beberapa lini Persiwa akan menjadi perhatian timnya pada laga petang nanti. “Mereka punya pemain asing berkualitas salah satunya di lini tengah mereka punya gelandang asal Liberia Sengbah Kennedy yang pada leg pertama lalu mampu menjadi motor serangan tim,” tegas Eko Riyadi.

Sedangkan di kubu Persiwa, Peter Romaropen dkk pagi (21/10) kemarin telah melakukan sesi uji coba lapangan. Meski dengan skuad seadanya, sang arsitek, Mahmudiana mengatakan timnya tidak akan menyerah begitu saja atas tuan rumah PSIS.

Pelatih asal Malang, Jawa Timur itu juga mengungkapkan, sempat terjadi perdebatan yang panjang antara timnya dengan manajemen Persiwa soal keberangkatan mereka tour ke Jawa dalam dua pertandingan terakhir. “Semua kewenangan ada di manajemen termasuk kemarin lawan Sleman kami memutuskan tidak datang di Kuningan, dan sekarang kami putuskan untuk datang ke Semarang. Ya prinsipnya kami siap all out meski dengan skuad yang seadanya,” pungkas Mahmudiana. (bas/smu)