Senyum Sapa Sabar

490

SOSOK Sosok dian 3web

Berprofesi di bidang perpajakan bukan suatu pekerjaan yang mudah. Senyum, sapa, sabar selalu menjadi penekanan dalam memberikan pelayanan kepada wajib pajak.

Dian Amaliasari, 38, perempuan asli Semarang mengaku bangga berprofesi dalam dunia perpajakan. Meski ia kerap mendapat protes dari wajib pajak. Baginya perlakuan itu membentuk kedewasaan ia selama beraktivitas.

“Pernah saya dibentak-bentak oleh pelanggan wajib pajak namun saya tetap tersenyum. Itu hal biasa,” tutur staf Dinas Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD Bidang Pajak Pos Pelayanan PBB I Gayamsari, Selasa (21/10).

Ketika menghadapi wajib pajak yang sedang marah, ia selalu berusaha tenang dan tidak terpancing untuk ikut marah. Ia akan berusaha menjelaskan duduk permasalahan dan solusinya. “Tidak semua pelanggan wajib pajak itu mengetahui betul terkait pajak. Kalau untuk memberikan penjelasan awal hingga akhir itu sudah hampir setiap hari,” ucap alumni Universitas 17 Agustus 1945 Semarang ini.

Perempuan kelahiran 23 Maret 1976 ini banyak menghabiskan waktu untuk membaca ketika sudah selesai bekerja. Hobi ini bisa menghilangkan kejenuhan sepulang dari kantor. Selain itu, berolahraga dan kumpul dengan keluarga juga bisa jadi obat capek. (mg9/ton)