BPJS Sehari Tangani 8 Kecelakaan Kerja

321
EFEKTIF: Jajaran manajemen BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi terkait manfaat BPJS Ketenagakerjaan di traffic light, kemarin. ( ENY S/RADAR SEMARANG)
EFEKTIF: Jajaran manajemen BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi terkait manfaat  BPJS Ketenagakerjaan di traffic light, kemarin. ( ENY S/RADAR SEMARANG)
EFEKTIF: Jajaran manajemen BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi terkait manfaat BPJS Ketenagakerjaan di traffic light, kemarin. (
ENY S/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Angka kecelakaan kerja saat berkendara di jalan raya ternyata cukup tinggi. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Semarang 1 setiap hari menangani klaim peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja rata-rata sebanyak 8 orang, dan 27 persennya adalah kecelakaan kerja saat berlalulintas.

Karena itulah BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang 1 menggandeng Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng, melakukan sosialisasi new branding BPJS Ketenagakerjaan. Sosialisasi yang dimulai kemarin di seputar Tugu Muda Semarang, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat terkait dengan manfaat berbagai program BPJS Ketenagakerjaan seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) atau Jaminan Hari Tua (JHT).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang 1 Budiman Siagian mengatakan, dipilihnya area traffic light di bundaran Tugu Muda untuk sosialisasi, karena ada waktu bagi pengendara kendaraan bermotor sekitar 1 menit untuk berhenti dan melihat berbagai atribut informasi yang disiapkan BPJS Ketenagakerjaan seputar manfaat programnya. “Sosialisasi ini juga diharapkan mampu menekan kecelakaan kerja di jalan raya atau setidaknya mengingatkan pekerja untuk segera mengurus BPJS, agar apabila terjadi kecelakaan kerja saat berkendara, minimal dapat terbantu BPJS,” jelas Budiman.

Kegiatan semacam ini, rencananya akan dilaksanakan tiga kali dapam sepekan yakni di hari Senin, Rabu dan Jumat, hingga pekan kedua November nanti. Selain Semarang, sosialisasi juga dilaksanakan di Kendal dan Grobogan. “Dengan sosialisasi ini, kami berharap dapat mewujudkan layanan PRIMA pada peserta, yaitu layanan peduli, ringkas, interaktif, modern dan aktif,” terangnya.

Sedangkan untuk pembayaran klaim program BPJS Ketenagakerjaan Cabang 1 Semarang dari Januari hingga September ini tercatat, JKK sebanyak 1.591 kasus dengan nominal Rp 6,6 miliar lebih, pembayaran JKM sebanyak 273 kasus nominal Rp 5,8 miliar lebih dan JHT sebanyak 10.660 kasus nominal Rp 100 miliar lebih. (eny/smu)