Target Kunjungan Pelancong Nyaris Terpenuhi

341

SEMARANG – Kunjungan wisatawan ke kota Semarang nyaris mendekati target. Tahun lalu total wisatawan yang berkunjung ke Kota Lunpia mencapai sebanyak 2,7 juta. Tahun ini target meningkat menjadi 3 juta wisatawan dan sampai September lalu, kunjungan sudah hampir menyentuh angka 2,8 juta pelancong.

Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata Disbudpar kota Semarang Giarsito Sapto Putratmo mengatakan, kunjungan wisatawan ke Semarang per tahunnya mengalami peningkatan hingga 300 ribu orang.

Pihaknya optimistis, target 3 juta pelancong tesebut akan tercapai, bahkan terlampaui, mengingat promosi serta berbagai event yang masih terus digelar hingga akhir tahun nanti. Di antaranya Pandanaran Festival November mendatang, serta malam pergantian tahun dan beberapa agenda lainnya. “Event-event tersebut cukup menarik kunjungan wisatawan,”ujarnya.

Sepanjang tahun ini sendiri, ucapnya, di kota Semarang setidaknya total lebih dari 50 event yang digelar baik pemerintah maupun swasta. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya berkisar 35 event. “Kalau dari kami sendiri memang hanya 10 event, tapi dari pihak-pihak swasta, para pegiat wisata kerap kali menyelenggarakan event yang cukup menarik. Sehingga di tahun ini lebih dari 50 event yang digelar,”ujarnya.

Ia berharap sinergi dari berbagai pihak tersebut akan terus berjalan. Sehingga memajukan pariwisata Semarang. Selain itu, ia berharap, perkembangan pariwisata ini juga diimbangi oleh profesionalisme pihak-pihak yang terkait di dalamnya. (dna/smu)