Rukma Tuding 4 Fraksi Sandera Dewan

307

GEDUNG BERLIAN – Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma Setyabudi bersikukuh dengan sikapnya, menolak usulan 4 fraksi untuk melakukan paripurna ulang. Demikian halnya dengan 4 fraksi (Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PAN serta Fraksi PKS) yang tetap menuntut adanya paripurna ulang.

Rukma menganggap sikap empat fraksi yang enggan terlibat dalam pengisian alat kelengkapan dewan, menyandera kinerja dewan. Alasannya, banyak pekerjaan yang sudah menunggu kinerja anggota dewan periode 2014-2019. Termasuk agenda mendesak yakni pembahasan RAPBD 2015.

”Jika alat kelengkapan dewan tidak kunjung lengkap, bukan tidak mungkin pembahasan APBD 2015 terancam gagal. Secara tidak langung sikap itu menyandera kinerja dewan. Dewan kan digaji rakyat, kalau tidak terlibat mengisi perlengkapan dewan, masak makan gaji buta,” kata Rukma.

Seperti diketahui empat fraksi dewan masih belum mengirim nama untuk mengisi alat kelengkapan dewan. Yakni Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Golkar, Fraksi PAN serta Fraksi PKS. Rukma mengaku terus berkomunikasi dengan empat fraksi untuk segera terlibat dalam pengisian alat kelengkapan dewan. Tapi sayang, sejauh ini masih belum ada kejelasan dari empat fraksi tersebut. ”Saya kira jabatan itu tidak terlalu penting. Tapi bagaimana kinerja untuk pengabdian rakyat bisa maksimal,” kilahnya.

Ketua Fraksi Golkar, Farida Rohmah menegaskan, tidak ada niatan untuk menyandera agenda dewan. Fraksi Golkar hanya ingin duduk bareng dengan pimpinan dewan untuk mengisi masalah alat kelengkapan dewan. ”Mengisi alat kelengkapan dewan bukan hanya sekadar menaruh orang. Tapi harus ada kesamaan,” katanya.

Ia mengaku memang masih belum mengirimkan nama dari Fraksi Golkar. Sejauh ini komunikasi dengan fraksi lain masih terus dilakukan untuk menyelesaikan persoalan tersebut. (fth/ida/ce1)