Putra Runner-Up, Putri Ketiga

322

SEMARANG – Tim voli yunior Jateng gagal meraih yang terbaik pada Kejuaraan Nasional Voli Yunior yang berlangsung di GOR Tri Dharma Petro, Gresik.

Tim putra yang lolos ke final, harus mengakui ketangguhan tim Jatim. Di final yang berlangsung Jumat (31/10), Agus Priyanto dkk menyerah dengan skor 0-3 (17-25, 24-26, 15-25). ”Anak-anak sudah berusaha semaksimal mungkin di final. Memang faktor mental menjadi faktor utama kekalahan kami. Sejatinya, kami berpeluang mengambil set kedua setelah unggul 24-22. Tapi anak-anak terlalu terburu-buru ingin menang dan akhirnya Jatim yang mengambil. Bisa jadi cerita akan lain jika menang pada game kedua,” kata pelatih tim putra Jateng Alexander Gunawan.

Dia mengakui tuan rumah bermain bagus di partai puncak. Mereka bisa memanfaatkan celah pertahanan timnya dengan spike-spike keras. Di sisi lain, blok pertahanan pemainnya memang sangat longgar ditambah penerimaan bola yang lemah. Lalu pola serangan timnya kurang bervariasi sehingga mudah ditebak. ”Perjuangan pemain sangat luar biasa dan harus diapresiasi. Jatim memang pantas menang karena ada faktor pemain timnas Randy Fritsi. Ini juga yang menjadikan mental anak-anak jatuh. Sehingga permainan kurang berkembang dan kerap salah komunikasi,” tutur mantan pelatih tim yunior Kabupaten Semarang.

Sementara tim putri harus puas di posisi ketiga. Pada laga terakhir di tempat yang sama, Debby Cahya dkk menang atas DI Jogjakarta dengan 3-1 (25-17, 21-25, 25-18, 25-23). Ofisial tim Jateng Purdianto menyampaikan maaf kepada masyarakat Jateng atas kegagakan tersebut. ”Semua pemain, ofisial, dan pelatih telah mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Tapi inilah permainan voli, semua bisa terjadi. Yang pasti, akan ada evaluasi dari pengurus terkait hasil yang dicapai,” beber Purdianto. (bas/smu)