Menuju 4G Esia dan Smartfen Berkolaborasi

332

SEMARANG – Mendorong peralihan teknologi dari CDMA ke layanan 4G berbasis LTE FDD, PT. Bakrie Telecom, Tbk. (BTEL) dan PT Smartfren Telecom, Tbk. (Smartfren) akan berkerjasama dengan melakukan kolaborsi penyelenggaraan jaringan. Hal ini dilakukan sebagai langkah memberikan layanan yang masksimal kepada pelanggan.

Presiden Direktur Smartfren Rodolfo Pantoja mengatakan jika layanan 4G berbasis LTE FDD, bisa berhasi jika adanya kolaborasi antara BTEL dan Smartfren benar-benar dilakukan. Menurut dia, dengan adanya perjanjian sewa menyewa jaringan memberikan manfaat bagi keduanya dan para pengguna. “Dengan kerja sama ini diyakini akan meningkatkan layanan dan efisiensi serta meningkatkan kemampuan keuangan BTEL. Sebagai dua operator milik pengusaha nasional kita bukan saja harus cepat dan terdepan dalam mendukung program pemerintah, tapi juga harus saling mendukung satu dengan yang lain, bersama-sama mengatasi masalah yang selama ini membatasi pertumbuhan perseroan,” katanya.

Lebih lanjut, BTEL dan Smartfren akan segera menjajaki kemungkinan pengembangan jaringan menuju layanan 4G berbasis LTE FDD guna meningkatkan kualitas dan layanan bagi para pelanggannya. “ Kita juga akan menjajaki pengembangan layanan 4G berbasis LTE FD,” timpalnya.

Sementara itu, Presiden Direktur BTEL Jastiro Abi menambahkan jika, kerjasama yang dilakukan adalah sebagai respon respon cepat dari operator CDMA, terhadap arahan pemerintah untuk mendorong “broadband society” dan “broadband economy” di seluruh Indonesia. “Kerja sama ini juga membuka kemungkinan untuk perkembangan dari terkonologi CDMA, pelanggan BTEL dan Smartfren dari adanya kerjasama ini akan mendapatkan layanan yang berkualitas, pada masa mendatang mereka juga akan mendapatkan kesempatan layanan 4G berbasis LTE FDD,” tambahnya.

Dengan Perjanjian Kolaborasi tersebut. Lanjut dia, jaringan BTEL akan digabungkan dengan jaringan milik Smartfren sehingga dapat melayani pelanggan Esia. “Selanjutnya, BTEL akan menyewa jaringan dari Smartfren untuk melayani pelanggan ESIA sehingga pelanggan ESIA dapat terlayani dengan jangkauan yang lebih baik,” pungkasnya. (den/smu)