PASI Tanyakan Surat Rekomendasi

371

SEMARANG – Proses perpindahan atlet jelang PON Jabar 2016 kali ini semakin gencar. Bahkan kabar terakhir dari cabor atletik, telah beredar surat rekomendasi kepindahan lima atlet Jateng ke Jabar yang dikeluarkan oleh Pengprov Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Jateng.

Padahal ketika dikonfirmasi, Ketua Harian PASI Jateng Rumini mengungkapkan, pihak PASI Jateng baik pengurus lama maupun baru belum pernah mengeluarkan surat rekomendasi mutasi lima atlet Jateng itu untuk pindah ke Jabar. Rumini menduga, surat rekomendasi tersebut adalah surat rekomendasi palsu. “Setelah mendapat informasi dari Jabar tentang kepindahan mereka, kami juga melakukan konfirmasi ke pengurus lama. Dan ternyata, baik pengurus baru maupun pengurus lama tidak pernah memberi surat rekomendasi pindah. Jika memang demikian, dari mana asal surat rekomendasi tersebut?” kata Rumini.

Oleh karena itu dalam waktu dekat ini PASI Jateng kata Rumini akan memanggil kelima atlet mereka yaitu Subur Santoso, Agus Prayogo, Mutiningtyas, Julita Ayu, dan Sikabudin untuk dimintai keterangan mengenai munculnya surat rekomendasi mutasi itu.

Pada prinsipnya lanjut Rumini, pengurus PASI Jateng ingin melihat itikad baik lima atlet tersebut untuk menyelesaikan masalah ini. “Yang pasti, kami ingin melihat bagaimana reaksi dan niatan atlet untuk menyelesaikan masalah. PASI Jateng belum memikirkan tindakan hukum. Kami ingin menyelesaikan persoalan ini secara jernih dan kekeluargaan. Tapi itu semua tergantung sikap mereka,” tegas dosen FIK Unnes itu.

Selain lima atlet tersebut, saat ini tercatat sebanyak 10 atlet Jateng dan 7 pelatih tengah bertanding di Porprov Kaltim. Itu artinya, jika mereka tampil di ajang Porprov Kaltim, besar kemungkinan mereka juga bakal mengajukan mutasi kepindahan ke daerah tuan rumah PON 2008 itu.

Mereka yang saat ini sedang tampil di ajang Porprov Kaltim adalah Devita Ayu, Galih Yoga, Peryani, Ambar, Lailatul, Renika Niken, Setyasih, Wahyu Nuranani, Ridwan, dan Surani. Adapun pelatih adalah Hendro, Heru ‘Timbul’, Mas Damin, Joko Lelono, Jamaludin Lawa, Siti Fatimah, dan M Sodiq. “Informasi ini juga kami dapat dari Pengprov PASI Kaltim setelah Ridwan mendapat emas di nomor 400 meter gawang. Kami mengirim bidang organisai ke Kaltim untuk melihat secara langsung kebenaran informasi itu. Lagi pula, PASI Jateng juga tak pernah memberikan surat pindah. Bagaimana mereka bisa bermain di Porprov Kaltim,” pungkas Rumini. (bas/ric)