Kejati Adakan Tes Urine

378
Hartadi. (AHMAD FAISHOL/RADAR SEMARANG)
Hartadi. (AHMAD FAISHOL/RADAR SEMARANG)
Hartadi. (AHMAD FAISHOL/RADAR SEMARANG)

PLEBURAN – Untuk menghindari bahaya narkotika yang semakin merajalela, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng menggelar tes urine bagi seluruh pegawai di lingkungan kejaksaan. Tes urine tersebut digelar secara mendadak bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN).

”Ini dalam rangka pengawasan dan pencegahan. Narkotika bisa saja melanda PNS, petugas atau siapa pun. Bahkan yang terbaru seorang guru besar pun dapat terkena,” ungkap Kepala Kejati (Kajati) Jateng, Hartadi.

Ia sengaja melakukan tes tersebut secara mendadak agar semua pegawai dapat mengikutinya semua. Jika ada yang kedapatan mengonsumsi obat terlarang, dapat langsung diketahui. Hal ini untuk memastikan bahwa seluruh pegawainya bebas dari narkotika.

”Jika ada yang terbukti, akan dilakukan tes ulang untuk memastikannya. Selanjutnya, pegawai tersebut akan dilakukan rehabilitasi untuk penyembuhan,” jelas Hartadi.

Ditambahkan dia, dari total sebanyak 249 pegawai di Kejati Jateng, sebanyak 238 pegawai mengikuti tes urine tersebut. Sedangkan 11 pegawai lainnya belum mengikuti lantaran sedang dinas luar. Meski begitu, mereka tetap akan melaksanakan tes tersebut. ”Untuk sementara hasil tes belum dapat diketahui. Sebab, hasilnya baru akan diberikan Selasa (18/11) besok,” pungkasnya. (fai/ida/ce1)