Donor Darah Sabilul Khoirot

383

SALATIGA – Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilul Khoirot Tengaran Kabupaten Semarang mengadakan kegiatan Donor Darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Salatiga. Dalam donor darah yang ketiga kalinya ini, diikuti oleh guru, karyawan yayasan, serta beberapa santri Madrasah Aliyah (MA) Nurul Islam.

Direktur Kesehatan Klinik Nurul Islam YPI Ponpes Sabilul Khoirot, Basuki Setyono mengatakan, kegiatan dilakukan rutin sejak bulan Mei 2014 laludan bekerja sama PMI Kota Salatiga. ‚ÄúDonor darah ini rutin dilaksanakan di komplek setiap 3 bulan sekali. Kegiatan ini juga terbuka untuk umum bagi yang ingin ikut serta,” terang Basuki.

Kemarin, 43 pendonor telah mengikuti donor darah di Ponpes Sabilul Khoirot ini. Sebelum dilakukan pengambilan darah, setiap calon pendonor harus memenuhi beberapa persyaratan seperti usia 17 tahun ke-atas. Selain itu di chek dahulu tensi darahnya, apabila hasil tensi antara 110/70 sampai dengan 150/90, maka layak untuk diambil darahnya. Berat badan calon pendonor juga tidak boleh kurang dari 45kg untuk perempuan dan 47kg untuk laki-laki. Selain itu, yang belum mengetahui golongan darahnya, juga dilakukan pengecekan
golongan darah terlebih dahulu. (sas/zal)