Cegah Kekurangan Air, Bangun 3 SPAM

351

UNGARAN- PDAM Tirta Bumi Serasi Kabupaten Semarang tahun 2014 ini membangun Sistem Penyediaan Air Minum-Ibu Kota Kecamatan (SPAM-IKK) yang rawan kekurangan air konsumsi ketika musim kemarau. Ketiga wilayah itu antara lain Kecamatan Pringapus, Ungaran Timur dan Bawen.

Kasubag Humas PDAM Kabupaten Semarang, Wicaksono Suwandi menjelaskan, setiap kali musim kemarau ada sejumlah wilayah yang kekurangan air. Sehingga PDAM Tirta Bumi Serasi melakukan droping air bersih. Bahkan PDAM sendiri pada musim kemarau tahun 2014 ini nyaris memasuki masa kritis karena pasokan air menipis. Beruntung musim kemarau sudah selesai dan pada bulan November masuk musim hujan sehingga debit air mulai membesar.“Debit air dari sumber air kita sekarang ini sudah bertambah. Sebelumnya kita sempat ketar-ketir, karena kemarau tahun cukup panjang dan debit air terus menyusut,” kata Wicaksono, kemarin.

Wicaksono menambahkan menurunnya debit air memaksa PDAM menerapkan system gilir otomatis, untuk menjaga debit air merata sampai pada pelanggan. Kondisi tersebut masih mending dibandingkan sejumlah wilayah yang kekurangan air bersih. Sehingga di tahun 2014 ini, PDAM bersama Pemprov Jateng membangun tiga SPAM IKK di Pringapus, Ungaran Timur, dan Bawen. “Itu proyek murni yang ditangani Pemprov Jateng. Proyek tersebut ditarget selesai Desember 2014 ini dan segera diuji coba sebelum disalurkan ke pelanggan. Tujuannya untuk membantu ketersediaan air bagi warga di tiga kecamatan tersebut yang sering kekurangan air saat kemarau,” imbuhnya sembari mengatakan untuk saat ini ada di Kabupaten Semarang sudah ada 36 ribu lebih pelanggan. (tyo/zal)