Pacu Industri Kreatif Anak Muda

420

“Di pusat pelatihan ini mereka bisa membuat film animasi, game maupun berlatih seputar industri kreatif lainnya”

Edison P Ambarura

Kepala Disperindag Jateng

SEMARANG – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah terus mendorong perkembangan industri kreatif di Jawa Tengah. Sejumlah fasilitas dikembangkan guna mempermudah mereka yang berminat mengembangkan diri di bidang ini.

Kepala Disperindag Jateng Edison P Ambarura mengatakan, perkembangan zaman menjadikan industri kreatif patut diperhitungkan. Selain berdiri sendiri, industri ini juga mampu menopang sektor industri lainnya. “Saat ini banyak anak muda yang fokus di bidang ini, termasuk juga mereka yang dari Jawa Tengah. Karena itu fasilitasi, salah satunya melalui Incubator Business Center yang berada di daerah Sampangan,” ujarnya.

Belum lama ini, ucapnya, pusat pelatihan tersebut mendapatkan bantuan dari pusat sebesar Rp 1,2 miliar serta 40 komputer. Harapannya, anak-anak muda yang berminat di bidang ini bisa terus berlatih dan mengembangkan kreativitas mereka. “Di pusat pelatihan ini mereka bisa membuat film animasi, game maupun berlatih seputar industri kreatif lainnya,” jelas Edison.

Tak hanya berlatih, mereka yang telah memiliki keahlian lebih hasil bersekolah di luar negeri pun sebagian mengaplikasikan dan berbagi keahlian mereka dengan rekan-rekan yang ada di pusat pelatihan tersebut. Pihaknya juga terus berupaya menghimpun anak-anak muda yang suka kreatifitas, untuk diberikan pelatihan. “Karena itu kami juga bekerjasama dengan teman-teman yang pulang dari luar negeri, mereka berbagi keahliannya,” tandasnya.

Hasilnya, lanjut Edison, sebagian karya mereka sudah ada yang dipesan oleh sejumlah pihak, baik dari dalam maupun luar negeri. Ke depan diharapkan anak-anak muda kreatif bisa terus mengembangkan sektor ini, sehingga terpakai baik di dalam maupun luar negeri. (dna/smu)