Dibekuk Pemilik Rumah

348

SALATIGA – Nasib apes menimpa Priyanto, 35, warga Candi Penataran, Kota Semarang. Aksi jahatnya terpergok Fahmi Bayu, 36, sang pemilik rumah. Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pencuri yang belum sempat menikmati hasilnya itu pun langsung digelandang ke kantor Polsek Sidomukti.

Berdasar keterangan di lapangan, peristiwa itu terjadi pada Senin (24/11), sekitar pukul 13.00. Pelaku berencana mencuri di sebuah rumah yang sedang ditinggal pemiliknya di daerah Gamol, Kelurahan Kecandran, Kecamatan Sidomukti.

Penangkapan berawal saat korban yang juga pemilik rumah usai pulang dari mengantarkan jajanan ke daerah Kumpulrejo. Sesampainya di rumah, ia merasa curiga karena ada motor Yamaha Mio parkir di depan rumahnya. Korban lalu masuk rumah dan mendapati ada seorang laki – laki yang tidak dikenal berada di dalam rumahnya.

“Saat melihat saya, pelaku berusaha kabur, namun korban mengancam akan membakar motor korban. Mendengar ancaman itu, pelaku mengurungkan niatnya untuk kabur dan akhirnya korban berhasil menangkapnya. Beruntung, pelaku belum berhasil membawa barang miliknya. Warga yang mengetahui penangkapan itu, langsung melaporkannya kepada petugas Polsek Sidomukti,” terang Fami Bayu, di rumahnya, kemarin.

Kapolsek Sidomukti Kompol A Digdo menjelaskan, pelaku berhasil ditangkap korban yang juga pemilik rumah setelah mengetahui di dalam rumahnya ada laki-laki yang berusaha mencuri di rumahnya. Pelaku mengaku masuk rumah, dengan cara mencongkel salah satu jendela menggunakan obeng yang telah disiapkannya.

“Kini, pelaku sudah kita amankan dan barang bukti obeng untuk mencongkel jendela juga berhasil kita amankan pula. Diduga, pelaku merupakan spesialis pencurian rumah kosong. Pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian,” tandas AKP A Digdo. (sas/zal)