Satu Desa Satu Lapangan

336

SEMARANG – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan kementeriannya mewacanakan setiap desa memiliki satu lapangan sepak bola. Selain itu, ada sarana olah raga lainnya yang harus dimiliki oleh setiap desa, yakni lapangan bola voli.

“Dulu, setiap desa memang memiliki sarana olahraga yang memadai menggunakan tanah bengkok desa, namun kini banyak aset desa yang digunakan untuk kepentingan lain,” ujarnya.

Dengan adanya pembinaan atlet olahraga sejak dini, dia berharap kasus jual beli atlet tidak terjadi lagi. “Kalaupun saat ini masih ada indikasi atlet yang bukan berasal dari daerah itu, ikut membela daerah tersebut, tentunya harus ada tindakan tegas,” katanya.

Menurut dia, tindakan tegas bisa dalam bentuk diskualifikasi atau pada pekan olahraga berikutnya daerah tersebut tidak lagi diizinkan mengikuti cabang olahraga itu. “Terus terang sangat prihatin dengan kasus seperti itu. Tentunya harus ada langkah tegas,” ujarnya.

Ia berharap, jangan hanya berpikir semata ingin menang, tetapi prestasi masa depan harus dimulai dengan “fair play”, dan penyiapan usia dini harus dilakukan di semua daerah. Apabila KONI belum bisa membuat peraturan, kata dia, pihaknya yang akan membuat aturan terkait jual beli atlet. (smu)