Navia, Hanun, dan Robert Jadi Andalan

381
BERPELUANG: Navia (kanan) ketika turun membela Semarang di ajang Porprov Jateng 2013 lalu. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)
BERPELUANG: Navia (kanan) ketika turun membela Semarang di ajang Porprov Jateng 2013 lalu. (BASKORO S/RADAR SEMARANG)

SEMARANG – Tim Shorinji Kempo Dojo Undip siap bersaing dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kempo antardojo yang akan berlangsung di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 28-30 November 2014.

Dojo tersebut akan menerjunkan 12 kenshi di Kota Gudeg nanti. Persiapan terus dilakukan di bawah arahan Sugiarto (V Dan) dan Sulistyana (II Dan). Undip akan turun di kategori randori (pertarungan) dan embu (keindahan jurus). Untuk randori akan mengikuti di beberapa kelas diantara kelas 75 kg putra, 48 kg putri, dan 42 kg putri. Sedangkan embu akan turun pada berpasangan putra kyu, berpasangan campuran kyu, berpasangan campuran yudansha, dan beregu campuran kyu remaja.

Berkaca pada kejuaraan antardojo Undip Cup lalu, salah satu pelatih Sugiarto cukup optimis atletnya mampu berbicara banyak di Sanata Dharma nanti. Ajang tersebut sangat penting bagi pihaknya untuk melihat seberapa jauh perkembangan kenshi binaan. Nama-nama seperti Robertus Wurianda, Hanun Alfreda Priyono, Navia Nikmaturrahmah diandalkan menjadi yang terbaik di kelasnya.

”Secara keseluruhan, mereka siap bersaing. Persiapan terus kami lakukan dan evaluasi juga diberikan kepada kenshi terkait kekurangan,” tutur Sugiarto, Senin (24/11). Menurutnya, persaingan di Kota Pelajar nanti bakal ketat. Sebab, kenshi pelajar/mahasiswa nasional akan turun.

Pihaknya tak mematok target tinggi di Yogyakarta nanti. Kenshi hanya diminta tampil maksimal dan berusaha sekuat tenaga. Di satu sisi untuk menambah pengalaman. Untuk randori, baik sisi mental ataupun teknik siap bertanding. Sedangkan embu, gerakan kenshi telah padu dan kompak.

”Navia, Hanun, dan Robert adalah peraih emas Porprov 2013 lalu. Mereka berpeluang masuk tim Shorinji Kempo Jateng untuk pra-PON. Ini kesempatan emas untuk mereka mengukur kekuatan sendiri,” tutur dia. Selain Undip, Dojo IAIN Walisongo juga siap untuk bersaing. (bas/zal)