Harga Cabai Masih Tinggi

275

SEMARANG – Harga cabai saat ini masih tinggi dan diprediksi hingga akhir tahun ini diprediksi masih tetap tinggi. Selain minimnya stok cabai dari Jawa Tengah, kenaikan juga dipicu momen Natal dan tahun baru.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah Listyati Purnama Rusdiana mengatakan, stok cabai dari petani di Jawa Tengah saat ini memang minim. Namun demikian stok di pasaran tetap melimpah. “Para padagang di pasar ini sudah mengantisipasi dengan mengambil stok dari daerah lain. Salah satunya dari kawasan Jawa Timur,” ujarnya, kemarin (25/11).

Namun demikian ia mengakui, meski stok melimpah hingga saat ini harga cabai masih tetap tinggi. Salah satunya disebabkan karena ongkos kirim yang harus dikeluarkan. Pihaknya sudah mengecek, harga cabai di Jatim sekitar Rp 35ribu per kilogram. Sedangkan di Semarang bisa mencapai Rp 50ribu. Harga tinggi disebabkan karena biaya pengiriman.

Harga ini pun diprediksi belum akan turun hingga akhir tahun. Sebabnya, musim panen dari petani Jawa Tengah yang diprediksi masih lama. “Saat ini sudah mulai tanam, tapi masih hijau. Sehingga sampai akhir tahun kita masih bergantung dari pasokan luar Jawa Tengah,” jelasnya. (dna/smu)